Selasa, 23 Juli 2024 WIB

Pengamat Politik Sebut Erick Thohir Akan Lebih Kuat Diposisikan sebagai Cawapres

- Senin, 09 Januari 2023 12:27 WIB
583 view
Pengamat Politik Sebut Erick Thohir Akan Lebih Kuat Diposisikan sebagai Cawapres
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Ari Ganjar Herdiansyah berpendapat positioning Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir lebih kuat sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Menurut saya, positioning Erick Thohir lebih kuat dalam cawapres ketimbang dengan Ridwan Kamil," kata Ari Ganjar dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Hal itu menunjukkan bahwa Erick Thohir banyak mendapat respons positif masyarakat, salah satunya berkat kinerja mentereng dalam memimpin Kementerian BUMN.

Baca Juga:

Oleh karena itu, ia menilai wajar apabila dalam sejumlah polling Erick Thohir konsisten berada pada daftar teratas dengan nilai tertinggi, termasuk mengungguli sosok lainnya seperti Ridwan Kamil.

Ari Ganjar mengatakan saat ini Erick Thohir sedang berada pada posisi strategis sebagai pembantu presiden. Terlebihnya lagi setiap kebijakan yang diluncurkan Erick Thohir begitu dirasakan masyarakat.

Baca Juga:

Di sisi lain, tambah dia, bahwa sosok seorang wakil presiden tentu dapat melengkapi figur presidennya awhingga mampu membangun sinergi pemerintahan yang kokoh dan kuat untuk mendorong hadirnya beragam kemajuan.

"Oleh karena itu, tadi cawapres dia lebih kepada melengkapi apa yang ditugaskan presidennya," papar Ari Ganjar.

[br]

Sementara itu, pengamat politik Yuari Prayanto atau Mazdjo Pray mengatakan wajar nama Erick Thohir digadang-gadang menjadi calon wakil presiden untuk Pemilihan Presiden 2024 karena sosok Menteri BUMN itu memiliki pengaruh secara global.

"Ia adalah generasi muda yang berpengaruh secara global. Dalam perjalanan panjangnya bangsa ini membutuhkan sosok yang mengakar dalam konteks lokal dan siap menghadapi tantangan global," kata Mazdjo Pray.

Korelasi lainnya, lanjutnya, Indonesia membutuhkan pemimpin muda yang memiliki kepekaan untuk merespons isu-isu global dan prestasi tingkat dunia.

"Itu yang dimiliki oleh Erick Thohir," katanya lagi.

Erick Thohir merupakan pemimpin yang pernah mengisi posisi sebagai Presiden Inter Milan, CEO Philadelphia 76ers dan CEO DC United. Ia juga merupakan Anggota Central Board Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Dengan pengalaman memimpin tersebut, menurut dia, Erick Thohir memiliki pengaruh di dunia internasional.

Erick Thohir juga berperan penting mendatangkan jutaan vaksin ketika masa pandemi Covid-19. (PNC/ANT)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketum PSSI Erick Thohir Ucap Syukur FIFA Jatuhkan Sanksi Ringan ke PSSI
Presiden Jokowi Bertemu Lima Ketum Partai, Pengamat: Bakal Dukung Salah Satu Jadi Capres
Drawing Piala Dunia U20 Dibatalkan, PLT Menpora Sebut Ketum PSSI ke Zurich Temui Presiden FIFA
Debat Capres-Cawapres di Kampus untuk Mengetahui Kompetensi sebagai Pemimpin Nasional
Jubir PDIP Jawab Desas-desus Deklarasi Capres 2024 dari PDIP Diumumkan April
Menteri BUMN Erick Thohir Copot Jabatan Direktur Penunjang Bisnis Pertamina
komentar
beritaTerbaru