Sabtu, 13 Juli 2024 WIB

4 Jenis Makanan yang Memengaruhi Kesehatan Sperma, Nomor 3 Paling Umum Dijumpai

- Kamis, 23 Februari 2023 13:48 WIB
474 view
4 Jenis Makanan yang Memengaruhi Kesehatan Sperma, Nomor 3 Paling Umum Dijumpai
Ilustrasi: Makanan yang memengaruhi kualitas sperma. (Foto: Andrew Zaeh via Bustle)

(Pesisirnews.com) -Sebagaimanan ada makanan yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma, sebaliknya terdapat pula beberapa jenis makanan yang bisa memengaruhi kualitas sperma seorang pria.

Jenis-jenis makanan itu tentu sebaiknya dihindari agar sperma tetap sehat, selain untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Pria Harus Tahu: 9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas dan Jumlah Sperma

Baca Juga:

Berikut 4 jenis makanan yang sebaiknya dihindari pria agar sperma tetap sehat dan berkualitas, yang dilansir dari laman cnyfertility.com :

1. Daging Olahan

Baca Juga:

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daging olahan dapat mengurangi kemampuan pria untuk membuahi sel telur.

Para peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health melacak pola makan 141 pria.Ada hubungan antara konsumsi daging olahan yang sering dan tingkat pemupukan yang lebih rendah.

Pria dari penelitian yang makan daging olahan paling sedikit, memiliki peluang 28 persen lebih baik untuk mencapai kehamilan dibandingkan dengan pria yang makan daging olahan paling banyak.

2. Alkohol

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol moderat tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kesuburan.Di sisi lain, banyak penelitian menunjukkan pria alkoholik (kecanduan alkohol) memiliki tingkat kesuburan yang buruk.

Satu studi, khususnya, berfokus pada perbedaan kualitas sperma antara pria alkoholik dan non-alkohol, menyimpulkan bahwa penurunan kualitas air mani terkait dengan peningkatan konsumsi alkohol.

Sebuah meta-analisis dari 15 studi tentang alkohol dan pengaruhnya terhadap kesuburan pria menemukan bahwa konsumsi alkohol setiap hari secara konsisten berdampak negatif pada morfologi dan volume sperma.

Kabar baiknya adalah penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan riwayat keracunan alkohol kronis dapat mencapai peningkatan drastis dalam karakteristik air mani setelah tiga bulan berhenti minum alkohol.

[br]

3. Gorengan

Saat Anda mencoba meningkatkan jumlah sperma melalui makanan, Anda harus menghindari makanan gorengan.

Menurut peneliti, makanan gorengan mengandung lemak trans tingkat tinggi, dan lemak trans bisa sangat berbahaya bagi kesuburan pria.Penelitian telah menunjukkan bahwa makan gorengan 1-2 kali per minggu dapat menurunkan jumlah sperma rata-rata 10,5 persen dan konsentrasi sperma sebesar 13,7 persen.

Makan gorengan 3 kali atau lebih per minggu dapat menurunkan jumlah sperma rata-rata 24,5 persen dan konsentrasi sperma 17,2 persen.

Lemak trans juga berbanding terbalik dengan jumlah sperma total, bahkan pada pria muda yang dianggap sehat.

4. Kedelai

Menurut sebuah hasil penelitian, produk kedelai mengandung xenoestrogen yang disebut fitoestrogen, yang diketahui dapat merusak dan mengurangi konsentrasi sperma.

Penelitian lain setuju dengan temuan ini dan menunjukkan bahwa asupan kedelai yang lebih tinggi dikaitkan dengan konsentrasi sperma yang lebih rendah. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dan didiskusikan di Harvardcnyfertility.comHealth Publishing.

Meski kedelai juga mengandung lemak dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, tetapi disarankan agar pria membatasi mengonsumsinyauntuk menjaga agar supaya spermanya tetap sehat dan berkualitas. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Rambut Anda Rontok? Atasi dengan Mengonsumsi 8 Makanan Berikut Ini
Pemerintah Prihatin: Hasil Uji Laboratorium 60 Persen Sperma Pria di Malaysia Tidak Normal
Waspadai Penggunaan Pemanis Buatan dalam Makanan/Minuman Berbuka yang Anda Beli
Kekurangan Dana, PBB akan Pangkas Bantuan Makanan bagi  Pengungsi Rohingya
Pria Harus Tahu: 9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas dan Jumlah Sperma
BBPOM Temukan 2 dari 36 Sampel Makanan yang Dijual di CFD Pekanbaru Mengandung Boraks
komentar
beritaTerbaru