Sabtu, 20 Juli 2024 WIB

Rambut Anda Rontok? Atasi dengan Mengonsumsi 8 Makanan Berikut Ini

- Minggu, 16 April 2023 09:50 WIB
517 view
Rambut Anda Rontok? Atasi dengan Mengonsumsi 8 Makanan Berikut Ini
Ilustrasi: Wanita dan pria dengan rambut indah dan sehat. (Foto kolase/web archive)

(Pesisirnews.com) - Rambut yang sehat dapat membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik dipandang. Oleh karena itu, banyak pria dan wanita yang memiliki masalah rambut seperti beruban, rambut tipis dan rontok berusaha dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah rambut mereka yang terkadang mengeluarkan banyak biaya.

Seperti banyak ciri fisik kita, kondisi rambut adalah produk dari banyak faktor yang memengaruhinya seperti genetika, lingkungan, stres, dan lainnya yang menentukan pada seberapa sehat rambut seseorang dan seberapa baik pertumbuhannya.

Anda dapat mengontrol faktor-faktor tersebut meski tidak bisa semuanya. Tapi ada satu pilihan gaya hidup yang memainkan peran penting dalam kesehatan rambut yakni pola makan Anda.

Baca Juga:

Beberapa nutrisi telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut yang sehat termasuk protein, riboflavin, biotin, vitamin C, vitamin A, asam lemak omega-3, dan zat besi.

Seperti halnya pilihan nutrisi lainnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk rambut Anda adalah mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan beragam nutrisi, vitamin dan mineral.

Baca Juga:

Suplemen juga dapat membantu , tetapi jauh lebih baik mendapatkan nutrisi yang diperlukan secara alami. Dan jika Anda ingin mendapatkan rambut yang sehat, Anda dapat mengonsumsi beberapa makanan terbaik untuk pertumbuhan rambut.

Dilansir dari CNET, Minggu (16/4), berikut 8 makanan terbaik dan cukup mudah ditemukan yang dapat membantu pertumbuhan dan kesehatan rambut:

1. Bayam

Bayam merupakan makanan yang baik untuk diet sehat. Sayuran Ini juga sangat membantu pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin A dan C, bersama dengan kandungan zat besi yang sehat. Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan sel darah merah, yang membantu suplai oksigen ke seluruh tubuh.

Studi juga mengaitkan kerontokan rambut terkait dengan kekurangan zat besi. Sedangkan vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Vitamin A juga penting untuk pertumbuhan sel, meskipun penting untuk tidak berlebihan karena dapat menyebabkan kerontokan rambut dan masalah lainnya.

2. Jeruk

Jeruk sudah dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin esensial ini membantu tubuh Anda menyerap zat besi, dan sangat penting untuk menjaga dosis yang sehat dalam diet Anda. Kandungan vitamin C pada jeruk membantu tubuh menyerap zat besi yang berguna untuk menyuplai oksigen sehingga dapat mencegah kerontokan rambut dan masalah lainnya.

[br]

3. Alpukat

Alpukat adalah makanan kesehatan lain yang sering disebut-sebut merupakan salah satu dari banyak makanan yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Tidak hanya kaya akan asam lemak esensial seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan, alpukat juga merupakan sumber utama vitamin E.

Vitamin E adalah antioksidan. Seperti vitamin C dan antioksidan lainnya, ia dapat melindungi sel dari radikal bebas yang merusak. Diperlukan lebih banyak penelitian tentang pengaruhnya terhadap pertumbuhan rambut, tetapi satu penelitian menunjukkan peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5 persen di antara peserta yang mengonsumsi suplemen vitamin E.

4. Ubi jalar

Mungkin masih banyak orang yang tidak menyadari ubi jalar sebagai sumber antioksidan, vitamin, dan mineral yang luar biasa. Ubi jalar dipuji secara luas sebagai "makanan super" yang seharusnya menjadi makanan pokok.

Berkat konsentrasi beta-karotennya yang tinggi, ubi jalar merupakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Itu karena tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A sebagai unsur penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

5. Telur

Telur didokumentasikan dengan baik sebagai sumber protein yang kuat, dan sebagai nutrisi penting untuk kesehatan rambut. Secara khusus, telur mengandung biotin, vitamin yang membantu produksi keratin tubuh, dan mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Jauh lebih baik untuk mendapatkan biotin dari sumber makanan daripada dari suplemen karena suplemen sering mengandung vitamin ini dalam jumlah berlebihan.

6. Ikan berlemak

Banyak ahli gizi memuji manfaat ikan berlemak seperti salmon, mackerel, atau herring. Tidak hanya kaya sumber protein tetapi ikan berlemak sarat dengan asam lemak omega-3 dan vitamin D sebagai bahan utama dalam pertumbuhan rambut.

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi sel, dan telah berkorelasi dengan penurunan kerontokan rambut dalam beberapa penelitian. Vitamin D membutuhkan analisis lebih lanjut, tetapi beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan jarangnya rambut tubuh.

[br]

7. Tiram

Mungkin tidak mudah mendapatkan tiram yang berkualitas bagus dan enak di tempat tinggal Anda. Tetapi jika Anda memiliki akses ke makanan laut yang baik, tiram adalah pilihan yang kuat untuk salah satu makanan terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.

Tiram sarat dengan seng, mineral penting yang mendukung banyak fungsi tubuh. Defisiensi seng tidak hanya dikaitkan dengan banyak gangguan kulit, tetapi juga dengan kerontokan rambut. Bukti menunjukkan bahwa satu jenis kerontokan rambut, yang dikenal sebagai telogen effluvium, mungkin terkait dengan kekurangan seng dan vitamin D.

8. Biji dan kacang-kacangan

Jika Anda mencari makanan ringan sederhana untuk kesehatan rambut, biji-bijian dan kacang-kacangan bisa menjadi tambahan yang mudah untuk diet apa pun.

Ada begitu banyak jenis yang berbeda untuk dipilih, dan berbagai biji dan kacang-kacangan memberikan dosis nutrisi yang kuat. Biji rami dan biji chia adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, sedangkan biji bunga matahari penuh dengan vitamin E dan zat besi. Semua kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein untuk membantu pertumbuhan rambut.

Penafian: Kiat dan saran yang disebutkan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi umum dan tidak boleh ditafsirkan sebagai nasihat medis profesional. Selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gangguan kesehatan.

(PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Waspadai Penggunaan Pemanis Buatan dalam Makanan/Minuman Berbuka yang Anda Beli
4 Jenis Makanan yang Memengaruhi Kesehatan Sperma, Nomor 3 Paling Umum Dijumpai
Kekurangan Dana, PBB akan Pangkas Bantuan Makanan bagi  Pengungsi Rohingya
Pria Harus Tahu: 9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kualitas dan Jumlah Sperma
BBPOM Temukan 2 dari 36 Sampel Makanan yang Dijual di CFD Pekanbaru Mengandung Boraks
6 Makanan Khas Daerah Ini Pas Buat Hangatkan Tubuhmu saat Disantap di Kala Hujan
komentar
beritaTerbaru