Rabu, 24 Juli 2024 WIB

El Salvador Pindahkan Ribuan Orang Anggota Geng ke Penjara Terbesar di Amerika

- Sabtu, 25 Februari 2023 19:11 WIB
1.089 view
El Salvador Pindahkan Ribuan Orang Anggota Geng ke Penjara Terbesar di Amerika
Ribuan orang anggota geng dipindahkan ke penjara besar El Salvador. (Reuters)

SAN SALVADOR (Pesisirnews.com) - Sebanyak 2.000 orang anggota geng pertama di El Salvador dipindahkan ke penjara baru yang sangat besar, yang diklaim sebagai penjara terbesar di Amerika.

Penjara besar itu terletak di Tecoluca, 74 kilometer (46 mil) tenggara ibu kota San Salvador - terdiri dari delapan bangunan.

Masing-masing bangunan memiliki 32 sel berukuran sekitar 100 meter persegi (1.075 kaki persegi) yang dapat menampung lebih dari 100 tahanan, kata pemerintah. Setiap sel hanya memiliki dua wastafel dan dua toilet.

Baca Juga:

Penjara itu pada akhirnya akan menampung lebih dari 40.000 orang. Para tahanan dibiarkan duduk di lantai dengan tangan di belakang dan rambut yang digunduli, ditumpuk rapat, sebelum dibawa ke sel mereka.

Pemindahan tersebut dideklarasikan sendiri oleh Presiden Nayib Bukele sebagai inti dari perang melawan kejahatan.

Baca Juga:

Puluhan ribu tersangka gangster telah ditangkap di negara itu dalam keadaan darurat menyusul lonjakan pembunuhan dan kejahatan kekerasan lainnya.

[br]

Presiden Bukele dalam cuitan di akun Twitter pribadinya menyebut bahwa 2.000 orang pertama dipindahkan saat fajar, dalam satu operasi ke Pusat Pengurungan Terorisme, yang katanya adalah penjara terbesar di Amerika.

"Ini akan menjadi rumah baru mereka, tempat mereka akan tinggal selama beberapa dekade, semuanya bercampur, tidak dapat membahayakan penduduk lebih lanjut,” ujar Presiden Bukele dikutip msn.com melalui BBC, Jumat.

Presiden Bukele mendeklarasikan "perang terhadap geng" Maret lalu, melewati tindakan darurat yang telah diperpanjang beberapa kali.

Tindakan darurat itu kontroversial karena membatasi beberapa hak konstitusional, seperti mengizinkan pasukan keamanan untuk menangkap tersangka tanpa surat perintah. Lebih dari 64.000 tersangka telah ditangkap dalam upaya anti-kejahatan.

Organisasi hak asasi manusia berpendapat bahwa orang yang tidak bersalah telah terjebak dalam kebijakan tersebut, tetapi dorongan anti-geng Bukele tetap populer di kalangan warga Salvador.

(PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Dari dalam Penjara Aktivis HAM Perempuan Iran Serukan Penggantian Rezim Ulama Iran
Setelah 38 Tahun Menjalani Penjara Seumur Hidup, Pria California Bebas Berkat Bukti DNA
Blogger Saudi yang Menolak ‘Bertobat’ kepada Tuhan Dibebaskan Setelah Satu Dekade di Penjara
5 Tahun Penjara dan Denda Rp 50 Miliar Menanti Pelaku Penimbun Minyak Goreng
Media Barat Beritakan, Seorang Wanita Uighur Dipenjara 14 Tahun Karena Ajari Anak Anak Agana Islam dan Sembunyikan Salinan Alquran
Supir Truk Ini Dapat Pengurangan Hukuman 110 Tahun Penjara dari Gubernur
komentar
beritaTerbaru