Sabtu, 20 Juli 2024 WIB

Ini Perbandingan Bermain TTS dengan Video Game, dan Pengaruhnya Terhadap Memori Manusia

- Jumat, 28 Oktober 2022 11:58 WIB
984 view
Ini Perbandingan Bermain TTS dengan Video Game,  dan Pengaruhnya Terhadap Memori Manusia
Ilustrasi: Teka-teki selang (TTS). (Int)

(Pesisirnews.com) - Sebuah studi baru oleh para peneliti dari Universitas Columbia dan Universitas Duke yang diterbitkan dalam jurnal NEJM menunjukkan bukti bahwa bermain teka-teki silang (TTS) memiliki keunggulan dibandingkan bermain video game komputer untuk memperkuat fungsi memori pada orang dewasa atau orang tua dengan gangguan kognitif ringan.

Dalam uji coba terkontrol secara acak, yang dipimpin oleh DP Devanand, MD, profesor psikiatri dan neurologi di Columbia, dengan Murali Doraiswamy, MD, profesor psikiatri dan kedokteran di Duke, peneliti menetapkan bahwa peserta (usia rata-rata 71) yang bermain TTS menunjukkan peningkatan kognitif yang lebih besar daripada mereka yang dilatih pada permainan video game kognitif.

"Ini adalah studi pertama yang mendokumentasikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang untuk pelatihan teka-teki silang berbasis rumah dibandingkan dengan intervensi lain," kata Dr. Devanand, yang mengawasi penuaan otak dan penelitian kesehatan mental di Columbia dikutip medicalxpress.com, Jumat.

Baca Juga:

"Hasilnya penting mengingat kesulitan dalam menunjukkan perbaikan dengan intervensi pada gangguan kognitif ringan."

Menurut para peneliti, TTS banyak digunakan tetapi belum dipelajari secara sistematis pada gangguan kognitif ringan, yang dikaitkan dengan risiko tinggi demensia, termasuk penyakit Alzheimer.

Baca Juga:

Untuk melakukan penelitian mereka, para peneliti di Columbia dan Duke secara acak menugaskan 107 peserta dengan gangguan kognitif ringan (MCI) di dua lokasi berbeda untuk pelatihan teka-teki silang atau pelatihan permainan kognitif dengan pelatihan intensif selama 12 minggu diikuti dengan sesi booster hingga 78 minggu.

Kedua intervensi disampaikan melalui platform komputerisasi dengan pemantauan kepatuhan mingguan.

[br]

Temuan yang paling mencolok dari penelitian itu adalah:

  • - Teka-teki silang lebih unggul daripada permainan kognitif pada ukuran hasil kognitif utama, ADAS-Cog, pada minggu ke-12 dan ke-78.Teka-teki silang lebih unggul di FAQ, ukuran fungsi sehari-hari, pada 78 minggu.
  • - Teka-teki silang lebih unggul untuk peserta pada tahap penyakit selanjutnya tetapi kedua bentuk pelatihan sama-sama efektif pada tahap sebelumnya.
  • - Penyusutan otak (diukur dengan MRI) lebih sedikit untuk teka-teki silang pada 78 minggu.

"Manfaatnya terlihat tidak hanya dalam kognisi tetapi juga dalam aktivitas sehari-hari dengan indikasi penyusutan otak pada MRI yang menunjukkan bahwa efeknya bermakna secara klinis," kata Dr. Devanand.

Berdasarkan pemantauan elektronik jarak jauh dari penggunaan komputer, penelliti menemukan peserta pada tahap selanjutnya dari gangguan kognitif ringan terlibat lebih akrab dengan teka-teki silang daripada dengan permainan kognitif terkomputerisasi. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Memori Card Anda Rusak Tidak Terbaca
komentar
beritaTerbaru