Sabtu, 20 Juli 2024 WIB

Pedagang Bazar Ramadhan di Malaysia Mengeluh, Ramai Pengunjung tapi Sepi Pembeli

- Minggu, 16 April 2023 12:41 WIB
1.824 view
Pedagang Bazar Ramadhan di Malaysia Mengeluh, Ramai Pengunjung tapi Sepi Pembeli
Azrul Hisham, penjual kwetiau mengeluhkan sepinya pembeli pada bazar Ramadhan  tahun ini. (The Malaysian Insight/Nazir Sufari)

KUALA LUMPUR (Pesisirnews.com) - Di negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, saat bulan puasa bazar Ramadhan menjadi tempat yang ramai dikunjungi orang-orang yang ingin membeli makanan untuk berbuka puasa, termasuk di Malaysia.

Sedikit berbeda dari Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya, bazar Ramadhan tahun ini banyak dikeluhkan para pedagang karena tingkat pembelian yang lebih rendah. Sementara secara kunjungan ramai orang-orang yang datang ke bazar Ramadhan.

Rendahnya daya beli di bazar Ramadhan disebut karena Malaysia menghadapi tantangan ekonomi seperti kenaikan biaya hidup dan melonjaknya harga bahan baku.

Baca Juga:

Hal ini membuat pedagang dan masyarakat umum bergulat dengan kenaikan biaya, yang menyebabkan makanan dan minuman dijual dengan harga lebih tinggi meski sebagian pedagang menawarkan dagangannya dengan harga yang lebih terjangkau.

Azrul Hisham, penjual kwetiau di Kuala Lumpur mengatakan kepada The Malaysian Insight yang dilansir Minggu (16/4), bahwa bisnisnya anjlok hampir 50 persen akibat sepi pembeli.

Baca Juga:

Sementara pembeli datang ke bazar Ramadhan karena mengharapkan dapat berbelanja keperluan berbuka puasa dengan harga yang lebih murah.

Selain para penjual, beberapa pelanggan yang mengunjungi bazar juga membagikan pendapat mereka tentang situasi tahun ini.

Seorang pembeli bernama Syahir mengatakan, meski merasa harga di bazar ini sedikit lebih tinggi dari sebelumnya, namun sama dengan di tempat lain, itu bisa dimaklumi.

“Sejujurnya, itu (harganya) hampir sama. Tinggal membiasakan saja, dan situasi (ekonomi saat ini) seperti itu,” ujarnya.

Syahir mengatakan, jumlah pengunjung bazar Ramadhan meningkat signifikan sejak lockdown berakhir dan situasi kembali normal. Tetapi dia berpendapat jika orang lebih berhati-hati membelanjakan uangnya dengan kondisi saat ini.

Adapun ramainya pengunjung karena orang-orang hanya ingin melihat-lihat suasana di bazar Ramadhan ketimbang memang berniat untuk membeli sesuatu yang dijual di bazar Ramadhan tersebut.

(PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Laga Uji Coba Jelang ASEAN Cup U-19 2024 Malaysia Libas Calon Lawan Timnas U-19 Indonesia
Menhub Malaysia Sebut Kerja Sama dengan China Tak akan Membuat Malaysia Terjebak Utang
Pemerintah Prihatin: Hasil Uji Laboratorium 60 Persen Sperma Pria di Malaysia Tidak Normal
Meski Berusia 97 Tahun, Dr Mahathir Mohamad Sebut Masih akan Terus Terjun ke Dunia Politik
Menaker Ida Fauziyah Berharap Malaysia Adil dalam Penegakan Hukum terhadap PMI di Malaysia
Banjir Parah Merendam Tiga Wilayah di Malaysia, Ribuan Orang di Evakuasi
komentar
beritaTerbaru