Sabtu, 20 Juli 2024 WIB

Hujan Es di Kota Pekanbaru Viral, Ini Penjelasan Ilmiah dari BMKG

- Minggu, 26 Maret 2023 10:58 WIB
1.402 view
Hujan Es di Kota Pekanbaru Viral, Ini Penjelasan Ilmiah dari BMKG
Butiran es yang jatuh di atas atap sebuah bangunan di Pekanbaru. (Pesisirnews.com/Tangkapan layar)

PEKANBARU (Pesisirnews.com) - Peristiwa hujan deras dan angin kencang yang disertai butiran es terjadi di Kota Pekanbaru, Sabtu (25/3) sore. Kejadian itu viral setelah video hujan yang disertai butiran es itu banyak beredar di platform media sosial (medsos).

Berdasarkan pantauan, hujan deras disertai serpihan es di Kota Pekanbaru terjadi di sejumlah kawasan seperti di daerah Panam, di Jalan Rambutan dan Jalan Paus.

Beberapa warga mengaku terkejut lantaran atap rumahnya terdengar seperti dilempari kerikil dalam jumlah banyak. Namun saat dicek di halaman rumah, ternyata yang dijumpai butiran es kecil-kecil.

Baca Juga:

Salah seorang warga menyampaikan kepada awak media bahwa butiran es yang sempat dikutipnya itu dalam waktu singkat langsung mencair.

Fenomena alam langka yang terjadi di Kota Pekanbaru tersebut, ditanggapi oleh Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru.

Baca Juga:

Menurut Yasir Prayuna dari BMKG Pekanbaru, fenomena alam ini disebabkan oleh pemanasan yang cukup tinggi sejak pagi hingga siang atau sore hari sehingga proses pembentukan awan menjadi masif.

"Ini biasanya terjadi pada masa-masa transisi. Fenomena ini biasanya disertai angin puting beliung dan hujan es," jelasnya, Minggu.

Dia meminta masyarakat dan instansi yang terkait agar tetap waspada terhadap terjadinya bencana hidrometeorologis seperti genangan, banjir, tanah longsor, dan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan juga angin kencang.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam atau rawan longsor agar tetap waspada khususnya pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari berturut-turut," ujarnya.

Yasir menambahkan, kejadian curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terpantau masih berpotensi terjadi selama beberapa hari kedepan di beberapa wilayah Provinsi Riau.

(PNC/ANT)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Caleg Partai Bulan Bintang Perkosa Anak Kandung Sampai Melahirkan, Pelaku Ditangkap di Gunung
Kapolsek Reteh Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Desa Pulau Kecil
Perairan Indonesia Berpotensi Alami Gelombang Tinggi hingga 4 meter, Masyarakat Perlu Waspada
Innalillahi, Seorang Pemanen Buah Sawit di Rohil diduga Tewas Kena Egrek Sendiri
DPR RI belum Setujui Perpu Pemilu 2022, Bagaimana Berlakunya? Simak Penjelasannya
Polres Banjar Rilis Penangkapan 7 Kawanan Geng Motor yang Sempat Viral
komentar
beritaTerbaru