Sabtu, 20 Juli 2024 WIB

Pengamat: Ganjar-Erick Serasi Berpasangan sebagai Capres-Cawapres pada Pemilu 2024

- Senin, 27 Februari 2023 12:16 WIB
1.061 view
Pengamat: Ganjar-Erick Serasi Berpasangan sebagai Capres-Cawapres pada Pemilu 2024
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Tim Erick Thohir via Antara)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Dr Phil Sukri menilai duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merepresentasikan gabungan pemimpin daerah yang sukses dan teknokrat yang ulung.

Menurutnya, apabila duet Gubernur Jawa Tengah dengan Menteri BUMN itu terwujud di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, diyakini akan memberikan dampak keamanan baik dari aspek politik maupun ekonomi Indonesia.

"Ganjar politikus berpengalaman dan sukses memimpin Jawa Tengah dua periode. Sedangkan Erick sukses sebagai pengusaha dan mengerti seluk-beluk ekonomi," kata Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Dr Phil Sukri yang dikutip dari Antara melalui keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Baca Juga:

Erick Thohir dinilai Sukri berhasil membawa kementerian BUMN menjadi lebih baik, sehingga duet tersebut diharapkan dapat membawa Indonesia lebih maju lagi.

"Duet Ganjar-Erick ini relatif tak memiliki resistensi yang besar di masyarakat. Apalagi elektabilitas Ganjar saat ini masih yang tertinggi sebagai capres sedangkan elektabilitas Erick terus mengalami peningkatan," ujar dia.

Baca Juga:

Menurut pandangan Sukri, PDI Perjuangan tidak akan resistensi dengan pasangan Ganjar-Erick. Berdasarkan sinyal yang diberikan Hasto Kristiyanto, PDI Perjuangan akan mengusung calon presiden (capres) dari internal.

[br]

Sedangkan untuk calon wakil presiden (cawapres), PDI Perjuangan tak pernah menyebutkan sosok yang akan diusung, sehingga sosok Erick memiliki potensi besar diusung PDI Perjuangan di Pemilu 2024. Apalagi, Erick dipercaya mampu untuk melengkapi Ganjar.

Kemudian, kata dia, kantong suara Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur dan Jawa Tengah cukup signifikan bagi pasangan tersebut. Jika Ridwan Kamil tunduk pada Golkar, Sukri menyakini duet itu mampu mendominasi perolehan suara di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"PDIP hanya ingin memastikan kader internalnya yang akan menjadi capres. Sebagai negarawan, pastinya Megawati Soekarnoputri akan menghitung potensi sosok dari internal yang mampu untuk memenangkan Pemilu 2024," ujarnya. (PNC/ANT)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Presiden Jokowi Bertemu Lima Ketum Partai, Pengamat: Bakal Dukung Salah Satu Jadi Capres
Debat Capres-Cawapres di Kampus untuk Mengetahui Kompetensi sebagai Pemimpin Nasional
Lewat Pantun PAN Berikan Sinyalemen Usung Ganjar-Erick di Pilpres 2024
Pengamat Politik: Erick Thohir Figur Cawapres Paling Potensial untuk Pemilu 2024
Pengamat Politik Sebut Erick Thohir Akan Lebih Kuat Diposisikan sebagai Cawapres
Pergantian Panglima TNI Menurut Pengamat Merupakan Wujud Hikmat Kebijaksanaan
komentar
beritaTerbaru