Rabu, 24 Juli 2024 WIB

Pencarian Masih Terus Dilakukan di Hari ke-4 Hilangnya Eril Putra Ridwan Kamil di Sungai Aare Swiss

- Minggu, 29 Mei 2022 13:05 WIB
456 view
Pencarian Masih Terus Dilakukan di Hari ke-4 Hilangnya Eril Putra Ridwan Kamil di Sungai Aare Swiss
Emmeril Khan Mumtadz, anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aaree, Swiss. (Sumber: Instagram)

BERN (Pesisirnews.com) - Memasuki hari ke-4 pencarian hilangnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab dipanggil Eril (23), yang diduga hilang terseret arus saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5) lalu, kembali dilanjutkan pada hari ini, Minggu (29/5/2022).

Diinformasikan bahwa pencarian pada hari ini akan difokuskan pada titik lokasi terakhir kali Emmeril terlihat, yakni di dua pintu air Sungai Aare.

"Rencana pencarian besok akan difokuskan pada area di antara dua pintu air terdekat lokasi terakhir terlihatnya Saudara Eril (panggilan Emmeril), yaitu Schwellenmaetelli dan Engehalde," demikian pernyataan KBRI Bern, Sabtu malam (28/5).

Baca Juga:

Adapun metode pencariannya akan menggunakan perahu dan sensor yang mampu mendeteksi hingga kedalaman tiga meter.

Sebelumnya seperti diberitakan KOMPAS.TV, adik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, mengatakan ada faktor di luar kuasa dan kehendak manusia yang terjadi ketika Eril berenang di Sungai Aare, Kamis (26/5) lalu.

Baca Juga:

Saat itu, debit air dikabarkan cenderung tinggi, sehingga kondisi arus sungai juga menjadi lebih kuat.

"Karena berdasarkan informasi keluarga, kebetulan di hari itu debit air relatif lebih tinggi dari hari sekarang. Itu yang mungkin ada situasi yang Qodarullah di luar jangkauan ukuran manusia yang bisa diantisipasi," jelas Elpi.

Senada, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Swiss, Muliaman Hadad, mengakui kondisi arus sungai cukup kuat ketika Eril hilang.

[br]

Selain itu, Muliaman menjelaskan, suhu air di Sungai Aare Swiss cenderung dingin, mencapai 16 derajat Celcius.

"Sejak laporan diterima, tim SAR melakukan pemindaian menggunakan drone dengan sensor yang mendeteksi panas tubuh. Pada saat itu suhu air sungai Aare sekitar 16 derajat Celcius dengan arus cukup kuat," terang Muliaman dalam konferensi pers secara virtual yang disiarkan dalam program Breaking News Kompas TV, Sabtu (28/5).

Sementara itu, KBRI Bern mengabarkan Gubernur Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia, telah bertemu dengan Kepala Polisi Maritim, Urs Käller dan Kepala Polisi Regional, Thomas Müller untuk mendengarkan informasi terbaru terkait proses pencarian Eril.

Sebagaimana telah diberitakan, hilangnya putra sulung Ridwan Kamil saat berenang di sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis lalu cukup menyita perhatian publik di Tanah Air.

Ikhtiar berupa doa dari berbagai komponen masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga telah dilakukan demi keselamatan Eril. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Misteri “Hilangnya” Dosen UII seusai Aktivitas di Norwegia
Kompolnas Minta Propam Usut Polisi yang Menertawakan Perempuan yang Lapor Kehilangan Suami
Abdul Kadir Menangis Haru Tatkala Mobilnya yang Hilang 3 Tahun Lalu Ditemukan Polisi
Pimred Kabar Tegal Dilaporkan Hilang, Polisi Minta Kerja Sama Masyarakat dalam Menemukannya
Tiga Hari Babinsa Cari Nenek 87 Tahun yang Hilang di Hutan Akhirnya Ditemukan, Ini Kondisinya
Keluarga Gubernur Jabar Ridwan Kamil Sampaikan Eril Wafat karena Tenggelam
komentar
beritaTerbaru