Minggu, 21 Juli 2024 WIB

Mantan Menlu AS Mike Pompeo Klaim India-Pakistan Nyaris Perang Nuklir

- Kamis, 26 Januari 2023 09:53 WIB
706 view
Mantan Menlu AS Mike Pompeo Klaim India-Pakistan Nyaris Perang Nuklir
Mantan Menlu AS Mike Pompeo.

(Pesisirnews.com) - Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, menyampaikan pernyataan yang cukup mengejutkan yang menyebut bahwa India dan Pakistan nyaris perang nuklir pada 2019.

Dilansir dari BBC, Kamis, pernyataan tersebut disampaikan Mike Pompeo dalam bukunya 'Never Give An Inch:Fight for the America I Love'.

Mike menulis dalam bukunya, “Saya rasa seluruh dunia tidak tahu seberapa dekat India dan Pakistan dalam perang nuklir pada Februari 2019. Yang saya tahu adalah bahwa dua negara berdiri di perbatasan terakhir serangan nuklir. Diketahui bahwa pada Februari 2019, pesawat tempur India menghancurkan pusat pelatihan Jais-e-Mohammed di Balakot, Pakistan. Kejadian ini terjadi setelah pembunuhan 40 jawans CRPF di Pulwama”.

Baca Juga:

Pada saat serangan Pulwama, Presiden AS Donald Trump saat itu sedang berada di Hanoi, Vietnam untuk bertemu dengan Presiden Korea Utara Kim Jong Un. Pendamping Trump saat itu adalah Mike Pompeo.

Pompeo menulis, saya berada di Hanoi, Vietnam saat itu. Saya tidak akan pernah melupakan malam itu. Berbicara dengan Korea Utara tentang senjata nuklir tidaklah cukup.

Baca Juga:

Sementara itu, India dan Pakistan mulai saling mengancam karena sengketa perbatasan Kashmir selama puluhan tahun.

Serangan teroris terjadi di Pulwama yang mengakibatkan 40 orang tewas memicu India melancarkan serangan udara. Sebagai tanggapan, Pakistan menghancurkan sebuah pesawat India dalam pertempuran udara dan menangkap seorang pilot.

[br]

Mengacu pada seorang pejabat senior India yang tidak disebutkan namanya, dia berkata, “Dia menelepon saya di malam hari. Dia mengatakan bahwa Pakistan telah memutuskan untuk menyerang menggunakan nuklir. India juga bersiap untuk memberikan jawaban yang sesuai.”

“Kemudian saya berbicara dengan Panglima Angkatan Darat Pakistan Jenderal Qamar Bajwa. Dia mengklaim bahwa klaim India tidak benar. Tapi Bajawa percaya bahwa India sedang mempersiapkan serangan nuklir,” kata Pompeo.

Selama ini, misi kami di New Delhi dan Islamabad telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam meredakan ketegangan, tulis Pompeo.

“Tidak ada negara lain yang akan melakukan apa yang kami lakukan malam itu untuk menghindari konsekuensi yang mengerikan,” sebut dia.

Sementara itu, baik India maupun Pakistan sejauh ini belum mengomentari klaim Pompeo terhadap situasi saat itu yang disebut berpotensi pada terjadinya perang nuklir antara kedua negara. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Gagal Ramalan Kiamat Tgl 29 Juni 2024 Peramal India Kushal Kumar Merubah Prediksi 10 Agustus 2024
Viral Di dunia Maya, Paranormal India Prediksi Kiamat 29 Juni,Tanggapan Warganet "Tunggu Dulu Dong Utang Belum Bayar"
Pemerintah Pakistan Bertekad Mengakhiri Kejahatan Taliban Pakistan untuk Selamanya
Gangguan Penglihatan Akibat Penggunaan Smartphone dalam Waktu Lama
Dituding Curang, Dalam Seminggu Orang Terkaya di India Kehilangan Penghasilan Rp 4,5 Triliun
Kelompok Bersenjata Taliban Pakistan Nyatakan Perang dengan Pemerintah Pakistan
komentar
beritaTerbaru