Rabu, 24 Juli 2024 WIB

Indonesia akan Mengirimkan Bantuan Tambahan ke Turki-Suriah

- Senin, 20 Februari 2023 13:48 WIB
647 view
Indonesia akan Mengirimkan Bantuan Tambahan ke Turki-Suriah
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Pemerintah Indonesia akan kembali mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk Turki dan Suriah. Bantuan kemanusiaan itu rencananya akan dikirim besok, Selasa (21/2/2023).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan, bantuan kemanusiaan akan dikirimkan ke dua negara yang terdampak gempa bumi. Namun, Menlu masih belum dapat memberikan informasi secara rinci jenis bantuan yang akan dikirim Indonesia.

"Rencananya besok akan ada keberangkatan bantuan lagi baik ke Turki dan Suriah. Mengenai detailnya harus kita cek karena yang terakhir jenisnya apa dan sebagainya itu harus kita cek," kata Menlu di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (20/2/2023).

Baca Juga:

Sebelumnya Indonesia telah mengirim bantuan kemanusiaan untuk Turki dari Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Sabtu (11/2/2023). Dua pesawat bantuan Boeing 737 membawa personil gabungan dari BNPB, Basarnas, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan.

Selain itu ada pula pesawat Herkules C-130 membawa barang bantuan berupa logistik Medium Urban SAR (MUSAR). Serta membawa Emergency Medical Team (EMT).

Baca Juga:

Bantuan dilepas oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Tampak hadir pula Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Yudo Margono, dan Kepala Basarnas Henri Alfiandi.

[br]

Hadir pula dalam kesempatan tersebut yaitu Dirjen Protokol dan Konsuler Andy Rachmianto. Andy mewakili Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Tim tersebut merupakan bagian dari komitmen pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Turki. Tugas tim yaitu meninjau kondisi secara langsung dan mempersiapkan kedatangan bantuan kemanusiaan lainnya.

Bantuan kemanusiaan dari Indonesia akan dikirim dalam beberapa kloter. Bantuan dikirim secara bertahap menyesuaikan kesiapan dari Tanah Air. (PNC/KBRN)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polresta Tanjungpinang Melalui Satintelkam Terus Salurkan Bansos Polda Kepri untuk Negeri
Kabar Gembira, Kemenag Cairkan Rp 381 Miliar BOP untuk 28 Ribu Lebih Raudlatul Athfal
Sentra Abiseka Pekanbaru Salurkan Bantuan ATENSI  kepada 95 PM  di Kabupaten Bengkalis
Ditengah Duka Gempa Turki-Suriah, 53 Orang Tewas Diberondong Peluru ISIS di Suriah
Kekurangan Dana, PBB akan Pangkas Bantuan Makanan bagi  Pengungsi Rohingya
Gempa Turki-Suriah Tewaskan Lebih dari 4000 Orang, Tawaran Bantuan Mulai Berdatangan
komentar
beritaTerbaru