Sabtu, 13 Juli 2024 WIB

4 Tanda Penyakit Jantung yang Bisa Anda Lihat pada Mata

- Selasa, 07 Maret 2023 10:59 WIB
1.101 view
4 Tanda Penyakit Jantung yang Bisa Anda Lihat  pada Mata
Ilustrasi: Tanda-tanda penyakit jantung yang dapat dilihat dari mata. (Int)

(Pesisirnews.com) - Serangan jantung bisa terjadi kapan saja, namun sebelum serangan jantung terjadi, ada gejala yang dirasakan oleh tubuh. Gejala paling umum dari serangan jantung adalah rasa nyeri di dada.

Tetapi nyeri dada muncul setelah penyakit menjadi sangat serius. Dokter biasanya mendeteksi penyakit jantung dengan bantuan berbagai tes kesehatan dengan biaya yang tidak sedikit.

Untungnya, menurut Harvard Medical School, gejala penyakit jantung juga dapat terlihat dari tanda-tanda di mata.

Baca Juga:

Selain dapat menunjukkan tanda-tanda serangan jantung, mata juga dapat menandakan jika ada gangguan yang terjadi pada organ hati.

Dengan memperhatikan beberapa perubahan yang terjadi pada mata, penyakit jantung dapat diketahui sebelum waktunya.

Baca Juga:

Berikut 4 tanda penyakit jantung yang bisa Anda lihat pada mata:

1. Perubahan retina

Di belakang pupil mata terdapat retina yang sensitif dan jika tekanan darah terlalu tinggi dapat merusaknya. Peningkatan tekanan darah dapat melemahkan pembuluh darah kecil yang memasok darah ke retina. Kondisi ini dapat membuat pembuluh darah pecah sehingga terjadi perubahan pada retina. Perubahanan pada retina menjadi salah satu tanda adanya gangguan pada jantung Anda.

2. Benjolan kuning di sudut mata

Risiko penyakit jantung menjadi serius ketika kolesterol meningkat. Tanda kolesterol tinggi juga bisa ditemukan pada mata. Harvard menyatakan bahwa peningkatan zat lengket yang jahat seperti kolesterol, trigliserida dapat menyebabkan benjolan lunak berwarna kuning muncul di sudut mata.

[br]

3. Katarak

Lensa mata menjadi keruh akibat katarak, sehingga penglihatan bisa hilang sama sekali. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di NCBI, ditemukan bahwa risiko penyakit jantung sangat tinggi pada penderita katarak. Itu sebabnya katarak juga bisa menjadi gejala penyakit jantung.

4. Penglihatan melemah

Ketika ada penyumbatan di pembuluh darah yang menuju ke jantung, mata juga terpengaruh. Sebab, mata tidak mendapat cukup darah dan oksigen. Akibatnya sel mulai mati dan penglihatan menjadi lemah.

Itulah 4 tanda adanya penyakit jantung yang dapat dilihat pada mata. Jika mendapati tanda-tanda tersebut, maka sebaiknya Anda perlu melakukan tes jantung dan mata sesegera mungkin.

Adapun tips sederhana untuk menjaga jantung dan mata agar tetap sehat seperti tidak merokok, mengontrol berat badan, mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk jantung dan mata, dan melakukan tes jantung serta pemeriksaan mata secara rutin.

Penafian: Kiat dan saran yang disebutkan dalam artikel ini hanya untuk tujuan informasi umum dan tidak boleh ditafsirkan sebagai nasihat medis profesional. Selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gangguan kesehatan.

(PNC/NBT)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Bupati Inhil Rapat Bersama Jajaran PLN Rangka Meningkatkan Elektrifikasi listrik di 2 Ibukota Kecamatan
Tanda Tanda Akhir Zaman, Mengungkap Fakta Tanda Tanda Kiamat di Arab Saudi & Israel
Rusia Tahan Seorang Jurnalis AS dengan Tuduhan Spionase
Di Usia 11 Tahun Gadis Muda Ini Berhasil Membuat Aplikasi AI untuk Mendeteksi Penyakit Mata
Bagaimana Respon Arie Kriting atas Tudingan Mertua Mengenai Kiriman Jin dan Ular ke Mereka?
Hutama Karya Pastikan Rest Area yang Dikelola Telah Memenuhi Standar
komentar
beritaTerbaru