Minggu, 21 Juli 2024 WIB

Beginilah Kemeriahan Perayaan Hari Kartini di Inhil

- Kamis, 21 April 2016 20:07 WIB
740 view
Beginilah Kemeriahan Perayaan Hari Kartini di Inhil
Foto: Internet.
Bupati Inhil, HM Wardan.
PESISIRNEWS.COM, TEMBILAHAN - Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raden Ajeng Kartini, sosok peremuan yang telah membuktikan loyalitasnya untuk seluruh wanita di Indonesia, yang menjadikan wanita tak lagi di pandang sebelah mata, tapi inilah wanita yang sejatinya dapat jauh lebih hebat bahkan dari yang dibayangkan sekalipun. RA Kartini pun telah jelas membuktikannya.

Kegemarannya membaca membuatnya mampu berfikir kritis dan menimbulkan keinginan untuk memajukan wanita di Indonesia yang pada saat itu tertindas oleh keadaan. Oleh karena itu, Peringatan Hari Kartini memberikan inspirasi bagi perempuan untuk merubah diri dan berkarya. Melalui peringatan Hari Kartini, para perempuan harus menjadikannya sebagai refleksi untuk kemajuan.

"Kartini hadir untuk memberikan inspirasi bagi perempuan bahwa meskipun dengan kondisi yang tidak menguntungkan, perempuan harus mengubah diri dan berkarya," kata Bupati Inhil Muhammad Wardan saat menghadiri peringatan Hari Kartini ke-137, Kamis (21/4/16).

Acara di Gedung Daerah Engku Kelana Tembilahan ini, dengan mengankat tema ”Dengan semangat kartini kita tingkatkan peranan perempuan dalam membangun karakter bangsa” dihadiri Sekda H Said Syarifuddin, Asisten, unsur Forkopimda dan pejabat Pemkab Inhil, Ketua Dewan Pembina Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Inhil Hj Zulaikhah Wardan, serta pengurus organisasi wanita lainnya.

Lanjut Wardan, melalui pikiran dan gagasanya telah memberikan penerangan dari gelapnya kehidupan perempuan yang terkekang oleh kolotnya adat. Kini perempuan harus berjuang dan bekerja sama untuk memberdayakan diri dan mandiri, serta bersama kaum laki-laki mengisi pos-pos penting sehingga tercipta suatu keadilan yang menyeluruh.

"Pada kesempatan ini saya berharap perempuan Indragiri Hilir harus bisa berkontribusi penuh, serta memberikan kesan dan impact yang mendalam dalam pembangunan. Saya juga berharap dukungan dari Dinas/Instansi terkait, bagi pengembangan dan pembangunan kaum perempuan, yang outputnya akan memberi kontribusi terhadap pembangunan daerah," harap Dewan Pembina Gabungan Organisasi Wanita ini.

Disamping itu, Ketua Dewan Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Inhil Hj Zulaikhah Wardan menyebutkan, Raden Ajeng Kartini bukan hanya milik kaum perempuan Indonesia, beliau adalah milik segenap bangsa Indonesia.

"Karena perjuangan beliau, jika kita tinjau dalam arti yang luas, bukan hanya memperjuangkan harkat dan martabat kaum perempuan saja, namun lebih dari itu, beliau telah mendedikasikan hidupnya untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia dan pendidikan tidak pernah mengenal gender," sebutnya.

Nilai perjuangan Kartini begitu mahal dan sangat memberi arti bagi kita, khususnya kaum perempuan. Karena telah ikhlas bersusah payah merubah pola pikir kolot pada saat itu yang meletakkan kaum perempuan hanya pada garis ibu rumah tangga dalam arti yang sempit.

"Saat ini, kita bisa melihat apa yang dulu diperjuangkan oleh Kartini tidaklah sia-sia. Kita sudah bisa merasakan manfaat perjuangan beliau. Apa yang dulu telah beliau lakukan telah banyak memberikan dampak positif bagi kaum perempuan dan tentunya bagi negera kita," katanya.

Terakhir, Momentum peringatan Hari Kartini memberikan motivasi dan menggelorakan semangat para perempuan, khususnya bagi kita kader organisasi wanita yang ada di Inhil, agar terus mengamalkan dan meneladani perjuangan Kartini. (Adv/humziz)


Ikuti Terus Perkembangan Berita Ini. Silahkan Klik DISINI / DISINI

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Peringati Hari Kartini, Pembawa Upacara di SD Ini Guru Wanita
Peringati Hari Kartini, Camat Bagansinembah Buka Lomba PKK
komentar
beritaTerbaru