Sabtu, 20 Juli 2024 WIB

Wujudkan Kedaulatan Pangan, GNTI Riau Dukung PDI-P

- Minggu, 17 September 2023 12:37 WIB
2.173 view
Wujudkan Kedaulatan Pangan, GNTI Riau Dukung PDI-P
Istimewa
PEKANBARU

Pesisirnews.com - Gerakan Nelayan dan Tani Indonesia (GNTI) wilayah Provinsi Riau mendukung penuh dengan kegiatan diskusi publik yang akan dilaksanakan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Pasalnya, diskusi publik tersebut mengambil tema " Inovasi Teknologi dan Kebijakan Politik-Ekonomi Untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan " pada Selasa (19/9/2023) mendatang.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Ketua GNTI wilayah Provinsi Riau, Hj Dewi Juliani SH, Sabtu (16/9/2023).

" Pada intinya, kita GNTI wilayah Provinsi Riau mendukung penuh dengan kegiatan diskusi publik seputar Inovasi Teknologi di an Kebijakan Politik-Ekonomi untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang ditaja oleh PDI Perjuangan itu," ujarnya.

Dewi Juliani juga mengatakan bahwa GNTI fokus menciptakan berbagai inovasi dari kegiatan riset hingga 2024, untuk mendukung kedaulatan pangan dan energi.

" Karena krisis akibat pandemi dua tahun terakhir yang diikuti gejolak harga komoditas akibat perang Rusia Ukraina mengajarkan hal yang fundamental untuk Indonesia, yaitu pentingnya kedaulatan pangan termasuk kesehatan dan energi. Kondisi ini mengisahkan keyakinan kita akan pentingnya kemandirian????," kata Dewi Juliani.

Menurutnya, masalah pangan adalah merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang paling hakiki. Hal ini karena sangat menentukan kesehatan dan kecerdasan manusia itu sendiri.

" Apalagi, dalam jangka panjang, kekurangan pangan juga akan berdampak pada persoalan stunting dan gizi buruk yang tentunya juga akan berdampak pada lahirnya generasi yang lemah, kurang cerdas dan tidak produktif," terang Dewi Juliani kembali.

Bahkan, lanjutnya lagi dari sejumlah indikator kerja utama tentang kedaulatan ketahanan pangan di Indonesia masih jauh dibandingkan negara maju yang memiliki ketahanan pangan bagus.

" Oleh karena itu GNTI wilayah Provinsi Riau sepakat mendukung dan menyambut positif dengan kegiatan diskusi tersebut. Hal ini disebabkan masih banyak didaerah kita (Riau,Red) ini yang memiliki lahan dan bisa dikelola untuk ketahanan pangan dengan baik dan profesional," tegas Dewi Juliani.

Lebih lanjut, Dewi Juliani menekankan pentingnya peningkatan nilai tambah dari kekayaan bahan alam lokal untuk mendukung kedaulatan pangan dan energi, sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian bangsa.

Produk-produk berbasis sumber daya alam lokal seharusnya tidak lagi dijual dalam bentuk bahan mentah, melainkan ada peningkatan nilai tambah dan menjadi produk berkualitas tinggi yang meningkatkan daya saing bangsa.

Melalui pengolahan, pengembangan dan pemanfaatan kekayaan bahan lokal dengan menggunakan hasil inovasi dan teknologi, tidak hanya kebutuhan dalam negeri yang dapat terpenuhi nantinya, tapi juga dapat mendukung kegiatan ekspor.

" Pemerintah dan GNTI menyadari pentingnya peningkatan nilai tambah dari kekayaan bahan alam lokal. Ini penting, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga memanfaatkan peluang global di tengah krisis yang melanda. Karena krisis tidak hanya menimbulkan bencana, tetapi juga memunculkan peluang baru," ujar Dewi Juliani. *****

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Fakta Baru Penembakan Donald Trump, Ini Identitas Pelaku
Intip Sekolah Favorit SMA N Plus Provinsi Riau Konsep Pendidikan Boarding School
Tim Opsnal Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Riau Menciduk Lima Orang Sindikat Peredaran Narkoba Antar Provinsi Di Dumai
PW IWO Riau Akan Kawal Penanganan Kasus 70 Ton Kayu Ilegal di Kepulauan Meranti, Polda Harus Usut Tuntas Sampai Keakarnya.
Mulai Terbang 1 Juni Super Air Jet Buka Rute Baru Pekanbaru-Kualanamu
Presiden dan Kapolri Kunjungi Riau, Polres Inhil Siaga 3
komentar
beritaTerbaru