Rabu, 24 Juli 2024 WIB

Hati Hati !! Penipuan Berkedok Menempelkan QRIS Palsu Di Kotak Amal Mesjid Marak Di Jakarta

Haikal - Rabu, 12 April 2023 00:59 WIB
607 view
Hati Hati !! Penipuan Berkedok Menempelkan QRIS Palsu Di Kotak Amal Mesjid Marak Di Jakarta
Tangkapan layar Twit soal pria tak dikenal diduga mengganti bercode QRIS kotak amal masjid di Jakarta

JAKARTA, PESISIRNEWS.COM - Sejumlah modus penipuan sudah terjadi di sejumlah Masjid di jakarta menempelkan QRIS palsu pada kotak amal mesjid.

Kabid Humasetro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pelaku penipuan bermodus menempelkan QRIS palsu menempelkan di kotak amal di sejumlah mesjid di jakarta telah teridentifikasi. Pelakunya orang yang sama.

Kasus penipuan yang menyasar pada jamaah yang hendak beramal di mesjid itu pun kini ditangani oleh Direktorat Resesrse Kriminal Khusus (DITKRIMSUS) Poda Metro Jaya.

Baca Juga:

"Iya sudah teridentifikasi dan ditangani oleh Ditkrimsus Polda Metro Jaya" Ujar Trunoyudo saat dikomfirmasi,selasa 11/04/2023.

Namun Trunoyudo belum mengungkapkan identitas pelaku penipuan dengan modus baru tersebut. Dia hanya mengungkap bahwa hasil penyelidikan kasus penipuan tersebut termasuk sosok pelakunya akan disampaikan pada selasa siang.

Baca Juga:

"Nanti siang ya kami sampaikan bersama sama Direktur Resesrse Kriminal Khusus," Kata Trunoyudo.

Aksi penipuan dengan modus menempelkan bercode QRIS palsu di kotak amal masjid di wilayah jakarta. Pelaku mengincar korban yang hendak bersedekah atau beramal pada saat Ramadhan lewat layanan digital. Kasus tersebut pun terendus kepolisian setelah rekaman kamera CCTV yang merekam aksi sang penipu beredar di media sosial.

Selanjutnya Kepolisian bergerak menyelidiki dan mengetahui bahwa peristiwa itu terjadi di sejumlah masjid di wilayah Jakarta Selatan.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara pelaku beraksi dengan mengganti bercode uang di kotak amal masjid dengan menempel stiker bergambar bercode lain. Uang yang di sedekahkan warga dengan cara mentranfer akhirnya masuk ke dompet digital atau rekening pelaku bukan tersalurkan ke pengelola tempat ibadah.(kompas.com).

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ahok Angkat Bicara Wacana PDI P Usung Anies Pilgub DKI Jakarta
Ini Modus Imam Mahlil Lubis Penyebar QRIS Palsu Di Kotak Amal Masjid
Waspada! Penipuan Menggunakan Teknologi Peniru Suara Mengintai Pengguna Ponsel
Direktorat LAIP Kominfo Dapat Kucuran Anggaran Hampir 2 T di Tahun 2022, 2 LSM ini Minta KPK Telisik Pemenang Tender
LSM GCI Desak Polri dan KPK Usut Penggunaan Anggaran di Kominfo
Abdul Kadir Menangis Haru Tatkala Mobilnya yang Hilang 3 Tahun Lalu Ditemukan Polisi
komentar
beritaTerbaru