Selasa, 23 Juli 2024 WIB

Pemudik Disarankan Tak Gunakan Sepeda Motor saat Mudik Lebaran 2023

- Kamis, 06 April 2023 10:19 WIB
703 view
Pemudik Disarankan Tak Gunakan Sepeda Motor saat Mudik Lebaran 2023
Ilustrasi: Pemudik bersepeda motor saat jelang lebaran. (Antara)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Sudah menjadi tradisi di Indonesia saat menjelang datangnya hari Lebaran masyarakat yang merayakannya akan ramai pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Tradisi pulang kampung atau yang terkenal dengan sebutan mudik itu berlangsung dengan menggunakan semua moda transportasi yang ada, baik darat, laut dan udara.

Umumnya para pemudik menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Namun banyak pula yang menggunakan kendaraaan pribadi seperti mobil pribadi dan sepeda motor dengan berbagai pertimbangan.

Baca Juga:

Tahun-tahun belakangan bahkan ramai pemudik yang menggunakan sepeda motor karena mereka menilai lebih ekonomis dan mampu lebih mudah menerobos kemacetan saat jelang lebaran yang sering dipadati arus lalu lintas.

Tetapi pengamat transportasi menilai sepeda motor tidak aman digunakan sebagai kendaraan mudik Lebaran 2023 untuk jarak jauh.

Baca Juga:

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno.

Djoko menjelaskan, sepeda motor tidak dirancang sebagai kendaraan perjalanan jarak jauh. Mengemudi sepeda motor juga membutuhkan kondisi tubuh yang prima agar selamat saat mudik.

Apabila stamina pengemudi kurang prima, maka konsentrasi berkendara dapat terganggu, sehingga risiko kecelakaan lalu lintas pun meningkat.

“Apalagi jika perilaku pengendara yang kurang tertib untuk mengikuti aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Mitigasi sangat diperlukan karena rentannya penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jauh," kata Djoko, dikutip dari KOMPAS TV, Rabu (5/4).

Biasanya, lanjut Djoko, masyarakat yang mudik membawa barang bawaan cukup banyak, mulai dari keperluan pribadi hingga oleh-oleh untuk kerabat di kampung. Hal itu membuat pengemudi dan penumpang sepeda motor membawa barang berlebihan di sepeda motor. Selain itu, sepeda motor rentan mengalami kecelakaan lalu lintas.

[br]

"Maka dari itu, sebaiknya dihindari berkendara menggunakan sepeda motor dan membawa angkutan berlebihan. Selain berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain," jelas Djoko.

Tidak dapat dipungkiri, setiap moda transportasi memiliki risiko masing-masing. Namun, sepeda motor dinilai sebagai kendaraan yang paling rentan.

Untuk itu, Djoko pun meminta pemerintah untuk berani menyatakan larangan mudik pakai sepeda motor. Apabila didapati pemudik yang menggunakan motor, bisa diminta kembali ke rumah atau disediakan alternatif kendaraan lain.

“Jika ada alternatif lain sebaiknya dihindari. Pasalnya, mudik memakai sepeda motor, terlebih motor bermesin kecilsangat berbahaya dan terlalu banyak risikonya. Apalagi kalau mudiknya berboncengan dan membawa anak pula. Sebaiknya dipikirkan dengan matang," tegas dia.

(PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Inhil Pantau Arus Mudik Jalur Sungai
Bersama Bupati, Kapolres Inhil Cek Pos Pengamanan Operasi Ketupat di Perbatasan
Kapan Hari Raya Idul Fitri 2023, Ini Kata Pemerintah Dan Organisasi Islam NU dan Muhammadiyah
Serba-serbi Mudik: Suami Baru Sadar Istri Tertinggal setelah Tempuh Jarak 112 Km
Dosen UIN Syarif Hidayatullah: Maknai Perbedaan Merayakan Lebaran 2023 Sebagai Berkah
Bupati Sampang Sambut Kedatangan Para Perantau yang Dibiayai Mudik Gratis
komentar
beritaTerbaru