Minggu, 21 Juli 2024 WIB

Kelola Lahan Pertanian Tanpa Bakar Lewat Program Udara Bersih Indonesia, Poktan Mekar Subur Inhil Panen Tonan Padi Varietas Unggulan.

Haikal - Senin, 23 Oktober 2023 20:35 WIB
1.264 view
Kelola Lahan Pertanian Tanpa Bakar Lewat Program Udara Bersih Indonesia, Poktan Mekar Subur Inhil Panen Tonan Padi Varietas Unggulan.
Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, H. Fajar Husin, SH. MH,  menyerahkan sertifikat kader berprestasi di wilayah Program Udara
RETEH(PN) ??" Kelompok Tani (Poktan) Mekar Subur Desa Sanglar berhasil melakukan panen raya Varietas Batang Piaman dengan hasil ubinan MTOT sebanyak 5 ton dan Konvensional sebanyak 4 ton.

Varietas unggulan padi Batang Piaman ini di panen pada umur 120 oleh para petani yang ikut dalam pelatihan kader program Udara Bersih Indonesia (UBI).

Prosesi kegiatan Panen Raya Program Udara Bersih Indonesia yang di taja oleh Yayasan FIELD Indonesia ini telah di gelar di Desa Sanglar, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, Jumat (29/9/2023).

Momen ini juga menjadi seremoni simbolik penyerahan alat mesin pertanian atau alsintan dari Dinas PTPHP kepada petani, sekaligus penyerahan sertifikat kader berprestasi di wilayah Program Udara Bersih Indonesia di Kabupaten Inhil.

Udara Bersih Indonesia merupakan program yang digalakkan oleh Yayasan Field Indonesia, sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM dari Jakarta sebagai inisiatif pengelolaan lahan pertanian tanpa bakar.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, H. Fajar Husin, SH. MH, mengapresiasi program ini serta mendukung dan mendorong dalam hal pertanian itu dengan menggunakan teknologi yang tidak mengakibatkan udara tidak bersih.

“Pengelolaan dengan metode yang mudah, murah, hemat tenaga kerja, lebih unggul dan berkualitas, menciptakan kesuburan tanah dalam jangka panjang,” ujar Fajar yang hadir mewakili Bupati Inhil HM Wardan dalam panen raya tersebut.

Senada dengan itu, Aryani Kodriyana selaku Fasilitator Provinsi Riau program udara bersih Indonesia mengajak para petani untuk bersama ??" sama mengelola semua itu dengan bijak dengan bisa ikut mengurangi emisi dan pembakaran.

“Nah pembakaran ini diharapkan bisa terus dikurangi sehingga kita berkontribusi terwujudnya udara bersih indonesia,” aja Yana sapaan akrabnya.

Yana mengucapkan banyak terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan lancar dan juga kepada tamu undangan yang telah hadir.

“Semoga menjadi awal yang baik sebagai Panen Raya Pertama bersama Program UBI Riau dan menjadi pembelajaran bagi kegiatan yang selanjutnya. Semoga kerjasama senantiasa terjalin demi kemajuan petani dan ketahanan pangan,” pungkasnya.

Panen Raya ini juga dihadiri perwakilan Dinas Pangan Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DPTPHP) Inhil, Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Reteh, Tarno, SP, Kapolsek Reteh, Kepala Desa Sanglar serta Penyuluh Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan di lingkungan Kecamatan Reteh dan Kecamatan Keritang.

Sementara itu dari program udara bersih Fasilitator Provinsi Riau dan FIELD Indonesia Jakarta dihadiri Puji Sutrisno selaku HUMAS dan Kuswana selaku Manajer Program Udara Bersih Indonesia untuk wilayah Kalimantan.(***).

SHARE:
beritaTerkait
Pj Bupati Inhil Herman Buka Secara Resmi Pembinaan dan Peningkatan Kompetensi Penyuluh Agama Islam
Dua Wanita Diamankan Polres Inhil Kasus Penipuan Investasi Bodong
DPRD Kab Inhil Usulkan Tiga Nama Kandidat Calon Pj Bupati Inhil
Pj Bupati Inhil Herman SE. MT., Meresmikan 2 Ruang Kelas MIS Nurul Huda, Desa Pulau Palas
Pj Bupati Inhil Herman Terima Kunjungan Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan
Caleg Partai Bulan Bintang Perkosa Anak Kandung Sampai Melahirkan, Pelaku Ditangkap di Gunung
komentar
beritaTerbaru