Minggu, 21 Juli 2024 WIB

400 Titik Hotspot Terpantau Selama 2023, Begini Penjelasan Kepala BPBD Inhil

Haikal - Sabtu, 14 Oktober 2023 10:33 WIB
1.176 view
400 Titik Hotspot Terpantau Selama 2023, Begini Penjelasan Kepala BPBD Inhil
INDRAGIRI HILIR(PN)- Lebih kurang 400 titik hotspot terpantau selama tahun 2023, hingga saat ini diklaim sudah clear usai tim gabungan TNI-Polri dan BPBD serta masyarakat turun ke lapangan untuk melakukan pengendalian karhutla secara maksimal.

Hal itu diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (Kalaksa BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) R.Arliansah, S.Si, ME saat dijumpai awak media di Kantornya, Jum'at 13 Oktober 2023, siang.

Selain itu, Menurut Kelaksa BPBD Inhil, Berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yg dikeluarkan P3E Sumatera - KLHK saat ini untuk daerah Inhil masih dikategorikan sedang, belum dikategorikan berbahaya.

"Kalau karlahut untuk Inhil sudah bisa dikendalikan, dan saat ini masih di kategorikan sedang, belum dikategorikan berbahaya," Tutur Kalaksa BPBD Inhil.

Pertanggal 13 Oktober 2023, titik panas di Kabupaten Inhil tercatat nihil atau tidak ada sama sekali. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan bisa saja terjadi dalam waktu yang tidak ditentukan.

"Meski keterbatasan tim yang hanya berisi 50 orang saja, kita tetap siap siaga turun ke lapangan, kalau beberapa hari kedepan ada titik api yang tidak juga tidak berubah kita akan turun secepatnya melakukan pengendalian," Pungkasnya.

Tidak hanya itu saja, terkait Tim Satgas sampai hari ini memang belum ada dibentuk secara khusus oleh pemerintah daerah, namun kepala BPBD Inhil menyebutkan bahwa untuk penanganan penanggulangan karhutla selalu akan dikendalikan secara bersama-sama sesuai perintah pimpinan.

"Kalau dari kesiapsiagaan, memang TNI Polri lebih siap karena setiap Desa dan Kecamatan ada personel, BPBD Inhil sendiri tentunya juga siap untuk turun ke lapangan dalam melakukan pengendalian karhutla," Tambah Kepala BPBD Inhil.

Terakhir Kalaksa BPBD Inhil menghimbau masyarakat agar selalu sinergi dalam menjaga keselamatan dari ancaman karhutla.

"Sama-sama menjaga, kalau ada informasi segera hubungi aparat setempat baik Pemerintah Desa, Kecamatan, MPA, TNI-POLRI, dan BPBD serta pihak terkait lainnya. Kami BPBD siap siaga 24 jam," Tutup Kepala pelaksana BPBD Inhil, R.Arliansah, S.Si, ME.(***)

SHARE:
beritaTerkait
Pj Bupati Inhil Herman Buka Secara Resmi Pembinaan dan Peningkatan Kompetensi Penyuluh Agama Islam
Dua Wanita Diamankan Polres Inhil Kasus Penipuan Investasi Bodong
DPRD Kab Inhil Usulkan Tiga Nama Kandidat Calon Pj Bupati Inhil
Pj Bupati Inhil Herman SE. MT., Meresmikan 2 Ruang Kelas MIS Nurul Huda, Desa Pulau Palas
Pj Bupati Inhil Herman Terima Kunjungan Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan
Caleg Partai Bulan Bintang Perkosa Anak Kandung Sampai Melahirkan, Pelaku Ditangkap di Gunung
komentar
beritaTerbaru