Sabtu, 20 Juli 2024 WIB

Dialiri Limbah dari Labusel, Harga Diri Pemda Rohil Dipertaruhkan?

- Jumat, 17 Juni 2022 15:54 WIB
911 view
Dialiri Limbah dari Labusel, Harga Diri Pemda Rohil Dipertaruhkan?
Photo : BudiMan.
BAGAN BATU

Pesisirnews.com - Diduga kerap dialiri limbah dari perusahaan industri kelapa sawit yang berdiri di Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), harga diri Pemkab Rohil Provinsi Riau dipertaruhkan?
Pasalnya, aliran Sungai Daun yang dikenal dengan nama Kali Wates dan merupakan perbatasan antara Provinsi Riau dengan Sumatera Utara itu bermuara di Danau Napangga Kecamatan Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir.
Diduga limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) tersebut milik PTPN III sudah mengaliri sungai daun atau Kali Wates di daerah Simpang Riset antara Bagan Batu dengan Desa Sei Meranti Kecamatan Torgamba.
Menanggapi itu, wakil Ketua DPRD Rohil Hamzah S.Hi, MM meminta Pemkab Rohil untuk benar-benar serius menangani karena dampak tersebut dialami masyarakat Kabupaten Rokan Hilir khsususnya warga Kelurahan Bahtera Makmur Kota Kecamatan Bagan Sinembah.
"Jika terindikasi memang ada limbah berbahaya, segera buat laporannya (ke pihak kepolisian) agar diproses lebih lanjut," pinta Hamzah saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (17/06/2022).
Disebutkan politisi dari Partai Hanura itu, Undang-undang tepatnya UU No 32 Tahun 2009 sudah mengatur tentang hal tersebut bahkan dalam UU Cipta Kerja juga mengatur hal itu.
"Intinya kepada DLH (Dinas Lingkungan Hidup) kami minta agar cepat tanggap terkait limbah itu, buka juga ke publik datanya agar masyarakat dapat mengetahui bahwa limbah yang mencemari sungai itu berbahaya dan ambil langkah proses hukum segera mungkin," pungkasnya.
Senada, ketua DPRD Rohil, Maston juga mengingatkan agar DLH segera membuka hasil uji laboratorium sampel air limbah yang sudah diambil beberapa hari lalu.
"Kita percayakan saja dengan DLH Rohil, mudah-mudahan nanti hasilnya dapat menjadi acuan agar dapat dilakukan langkah-langkah selanjutnya," ujarnya kepada wartawan.
[br]
Seperti diketahui, kondisi air Kali Wates saat ini masih hitam berbau yang identik dengan limbah PKS.
Sumber limbah diduga kuat berasal dari PKS PTPN III yang berada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan diantaranya PKS Sei Daun, PKS Sei Baruhur dan PKS Torgamba.
DLH Rohil juga sudah mengambil sampel air di tiga titik di sekitar Jembatan Kali Wates pads Senin (13/06/2022) lalu.

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Sejumlah Petinggi TKN Prabowo-Gibran Mendapat Kursi di Badan Usaha Milik Negara
Dewi Juliani Ajak Semua Warga Jaga Hutan Sebagai Paru-paru Bumi
Karang Taruna Basira Gelar Turnamen Voli Dewi Juliani CUP
Ciptakan Kamsebtibcarlantas, Satlantas Polres Rohil Bagikan 10 Baju Kaos Pelopor Keselamatan
Bobol Ruko, Maling di Kubu Gasak Sepeda Motor, Voucher, dan Uang Kontan
Dewi Juliani SH : Rayakan Hari Bahagia Nasional Dengan Membahagiakan Orang Lain
komentar
beritaTerbaru