Kamis, 25 Juli 2024 WIB

Mengejutkan, Bahrain Menyusul Uni Emirat Arab Menormalisasi Hubungan dengan Israel

- Sabtu, 12 September 2020 19:06 WIB
542 view
Mengejutkan, Bahrain Menyusul Uni Emirat Arab Menormalisasi Hubungan dengan Israel
Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/REUTERS/Hamad l Mohammed/Alex Kolomoisky.

WASHINGTON, Pesisirnews.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendapatkan tepuk tangan meriah usai mengumumkan di Ruang Oval bahwa Bahrain menormalisasi hubungannya dengan Israel pada Jumat (11/9/2020).

Bahrain dan Israel menjalin hubungan diplomatik penuh setelah Amerika Serikat menjadi tuan rumah melalui panggilan telepon yang menghubungkan pemimpin kedua negara.

Trump mengumumkan kesepakatan bersejarah itu di Twitter sebelum memberikan sambutan di Ruang Oval Gedung Putih.

Baca Juga:

"Tidak ada tanggapan yang lebih kuat terhadap kebencian yang menyebabkan 9/11 daripada kesepakatan yang akan kami sampaikan kepada Anda," kata Trump.

[br]

Baca Juga:

Dalam semangat perdamaian dan kerja sama, kedua pemimpin juga sepakat bahwa Bahrain akan sepenuhnya menormalisasi hubungan diplomatiknya dengan Israel.

"Mereka akan bertukar kedutaan dan duta besar, memulai penerbangan langsung antar negara mereka dan meluncurkan inisiatif kerjasama di berbagai sektor, termasuk kesehatan, bisnis, teknologi, pendidikan, keamanan dan pertanian,” jelas Trump antusias.

Langkah Bahrain menjadikan negara kerajaan yang berada di Semenanjung Qatar dan sebelah timur laut pesisir Arab Saudi itu sebagai negara Arab keempat setelah Mesir, Yordania dan Uni Emirat Arab (UEA) yang mengakui kedaulatan Israel sejak didirikan pada tahun 1948.

Manuver diplomatik Bahrain semakin menambah kemarahan Palestina yang merasa perjuangannya melawan pendudukan rezim Zionis Israel telah dikhianati oleh ‘saudara-saudara’ Arab-nya.

Sebelumnya Palestina juga marah dengan langkah UEA yang menormalisasi hubungannya dengan Israel dan mengatkan negara itu telah “menikam dari belakang.”

Editor
:
Sumber
: upi.com
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolsek Reteh Berikan Bantuan Korban Kebakaran di Desa Pulau Kecil
Pengadilan AS Perintahkan Penyelidikan Seorang Pria yang Bocorkan Informasi Sangat Rahasia
WHR 2023: Israel Bertahan di Urutan ke-4 Negara Paling Bahagia di Dunia, Afghanistan Paling Tidak Bahagia
CEO TikTok Jawab Tudingan Parlemen AS mengenai Bahaya TikTok bagi Kemanan Nasional
9 Selebriti Top Amerika Ini Ternyata Penyuka Sesama Jenis, Ada yang Menikah dan Punya Anak
Profesor Israel Ungkap Hubungan Mesra Iran-Israel sebelum Jadi Musuh Bebuyutan
komentar
beritaTerbaru