Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Kalah Suara, Trump Siap Ajukan Tuntutan Hukum Kecurangan Pemilu dan Minta Pemungutan Ulang

- Kamis, 05 November 2020 11:22 WIB
595 view
Kalah Suara, Trump Siap Ajukan Tuntutan Hukum Kecurangan Pemilu dan Minta Pemungutan Ulang
Joe Biden dan Donald Trump. (Int)

Pesisirnews.com - Calon Presiden (Capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, diprediksi bakal memenangkan Pemilu presiden (Pilpres) AS periode 2020-2024.

Joe Biden yang juga petahana Wapres AS ini hampir mencapai jumlah suara elektoral sebanyak 270 suara yang dibutuhkan untuk memenangkan Pemilu Presiden AS.

Baca juga: Biden Unggul dari Trump dalam Hasil Perhitungan Suara Sementara di Pilpres AS

Baca Juga:

Dari update data Associated Press (AP), suara yang berhasil diraih Biden per tanggal 5 November 2020 pukul 11.21 WIB, Biden telah mendapat 264 suara, jauh unggul dari Trump yang memperoleh 214 suara.

Biden mendapat perolehan suara cukup signifikan di negara bagian Michigan dan Wisconsin dimana kedua negara bagian ini merupakan kantung suara terbesar Trump pada Pilpres 2016 yang menghantarkannya duduk di Gedung Putih.

Baca Juga:

Kemenangan di negara bagian Midwestern itu membuat Trump mencurigai terjadinya kecurangan Pemilu dan Trump berencana meluncurkan tuntutan hukum untuk menghentikan penghitungan suara.

[br]

Trump, yang memenangkan kedua negara bagian tersebut pada 2016, menuduh Demokrat mencoba mencuri suara pemilih dan berjanji untuk menggugat hasil suara di dua negara bagian itu ke pengadilan.

Trump mengajukan tuntutan hukum agar pengadilan menghentikan penghitungan suara di Michigan dan Pennsylvania, dan menuntut dilakukan penghitungan ulang di Wisconsin.

"Jelas bahwa kami memenangkan cukup banyak negara bagian untuk mencapai 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangkan kursi kepresidenan," kata Biden, yang tampil bersama pasangannya Kamala Harris.

"Saya di sini bukan untuk menyatakan bahwa kami telah menang. Tapi saya di sini untuk melaporkan bahwa ketika penghitungan selesai kami yakin kami akan menjadi pemenang,” ujar Biden, Rabu (4/11/2020) kepada media menanggapi kecurigaan Trump yang dianggapnya tak beralasan.

Sumber: (AP, deccanherald.com)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pengadilan AS Perintahkan Penyelidikan Seorang Pria yang Bocorkan Informasi Sangat Rahasia
Andi Arief: Sandi Uno Kita Tutup Jadi Cawapres, PKS: Mungkin Saja Anies Berjodoh dengan Sandi
Seminar Internasional STIK Polri Mengupas Dampak Negatif Politik Identitas pada Pemilu 2024
Presiden Biden dan Trump Berniat Kembali Mencalonkan Diri pada Pilpres AS 2024
Nasib Getir Aung San Suu Kyi, Dihukum 33 Tahun Penjara dan Partainya Dibubarkan Junta Militer
Menkopolhukam Minta Ormas Islam Kawal Pemilu 2024 Berjalan sesuai Jadwal
komentar
beritaTerbaru