Selasa, 23 Juli 2024 WIB

21 Pesawat Tempur China Memasuki Zona Udara Taiwan, Militer Taiwan Bersiap Siaga

- Kamis, 02 Maret 2023 16:11 WIB
665 view
21 Pesawat Tempur China Memasuki Zona Udara Taiwan, Militer Taiwan Bersiap Siaga
Militer China telah meningkatkan aktivitas di dekat Taiwan untuk menggarisbawahi klaim kedaulatan Beijing atas Taiwan. (Foto: AP)

TAIPEI (Pesisirnews.com) - Taiwan pada Kamis (2/3) melaporkan masuknya pesawat tempur China dalam jumlah besar ke wilayah pertahanan udara mereka. Ini merupakan hari kedua angkatan udara China memasuki wilayah udara Taiwan dengan skala yang lebih besar.

Kementerian pertahanan Taiwan yang dilansir dari Reuters, Kamis, mengatakan bahwa dalam 24 jam terakhir, pihaknya telah melihat 21 pesawat tempur yang dinilai bagian dari kampanye tekanan militer Beijing terhadap Taiwan.

Taiwan, yang dianggap China sebagai wilayahnya sendiri, selama tiga tahun terakhir mengeluhkan peningkatan aktivitas militer China di dekat pulau itu saat Beijing berusaha untuk menegaskan klaim kedaulatannya.

Baca Juga:

China mengatakan kegiatannya di wilayah itu dibenarkan karena berusaha mempertahankan integritas teritorialnya dan untuk memperingatkan AS agar tidak "berkolusi" dengan Taiwan, meskipun hal ini menimbulkan kemarahan di Taipei.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pesawat itu, terdiri dari 17 pesawat tempur J-10 dan empat pesawat tempur J-16, telah terbang ke sudut barat daya zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, menurut peta yang dirilis kementerian itu.

Baca Juga:

J-10, model pesawat tempur yang lebih tua yang pertama kali memasuki layanan dua dekade lalu, terbang lebih dekat ke pantai China daripada Taiwan, sedangkan J-16, pesawat tempur yang jauh lebih baru dan lebih canggih, terbang di daerah timur laut Taiwan.

[br]

Armada pesawat tempur China itu terkontrol terbang melintasi Kepulauan Prata yang dilindungi dengan pertahanan ringan, yang terletak secara strategis di atas Laut Cina Selatan dan banyak penerbangan lintas Cina terjadi di dekatnya.

Pasukan Taiwan memantau situasi, termasuk mengirim pesawat angkatan udaranya sendiri, tambah kementerian itu.

Sebelumnya pada Rabu, Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan 19 pesawat China terbang di zona pertahanan udara Taiwan yang memicu kesiapsiagaan milter Taiwan atas provokasi China di negara kepulauan tersebut.

(PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
7 Perguruan Tinggi Indonesia Jalin Kerja Sama dengan 7 Perguruan Tinggi China
Viral, Wanita Pencuci Piring Berangkat Kerja Diantar Naik Mobil Mewah Bentley
Menhub Malaysia Sebut Kerja Sama dengan China Tak akan Membuat Malaysia Terjebak Utang
Menlu Jepang akan ke Beijing dan Bahas Pembebasan Pengusaha Jepang yang Ditahan China
Biden Keliru Memuji Kanada dengan menyebutnya "China"
Sukses Pulihkan Hubungan Iran-Arab Saudi, China Imbangi Pengaruh AS dalam Kancah Global
komentar
beritaTerbaru