Minggu, 21 Juli 2024 WIB

Mengenal Rishi Sunak, Pria Keturunan India Beragama Hindu yang Jadi PM Inggris Termuda

- Kamis, 27 Oktober 2022 09:52 WIB
773 view
Mengenal Rishi Sunak, Pria Keturunan India Beragama Hindu yang Jadi PM Inggris Termuda
PM Inggris Rishi Sunak. (Sumber: Instagram)

LONDON (Pesisirnews.com) - Rishi Sunak, mantan menteri keuangan Inggris dari Partai Konservatif pada Senin, 24 Oktober 2022 terpilih menjadi perdana menteri (PM) Inggris menggantikan Liz Truss yang mundur setelah 45 hari berkuasa.

Sesudah dikukuhkan sebagai perdana menteri oleh Raja Charles III pada Selasa (25/10), Rishi Sunak mulai berkantor dan berdomisili di Downing Street, London, untuk pertama kalinya sebagai PM Inggris.

Sunak menjadi PM Inggris setelah Penny Mordaunt, dikeluarkan dari persaingan untuk jabatan itu karena dia gagal mendapatkan suara yang diperlukan untuk mengikuti pemilihan internal Partai Konservatif.

Baca Juga:

Sunak berhasil mendapatkan dukungan dari 142 anggota parlemen - jauh di atas nilai 100 yang dibutuhkan untuk memenangkan jabatan puncak sebagai perdana menteri.

Dia merupakan pria keturunan India dan orang Hindu pertama, serta orang kulit berwarna pertama yang menjadi perdana menteri Inggris.

Baca Juga:

[br]

Pria berusia 42 tahun itu juga merupakan orang termuda yang menjabat dalam lebih dari 200 tahun sejarah Inggris.

Sunak, adalah perdana menteri ketiga dalam tujuh bulan setelah Liz Truss dan Boris Johnson mengundurkan diri di tengah memburuknya situasi ekonomi di negara itu.

Dengan memikul tanggung jawab yang besar, Sunak harus mengambil tugas yang menantang untuk mengarahkan negara yang secara ekonomi sedang dilanda krisis.

"Saya ingin memperbaiki ekonomi kita, menyatukan partai kita dan memberikan yang terbaik untuk negara kita," katanya dalam sebuah pernyataan singkat.

Sunak pertama kali terpilih sebagai anggota parlemen pada tahun 2015, dan selama masa jabatannya dia mendukung Brexit pada referendum 2016.

Dia menjabat sebagai menteri junior di pemerintahan Theresa May sebelum mendapatkan peran yang lebih besar selama masa jabatan Boris Johnson ketika dia pertama kali diangkat sebagai Kepala Sekretaris Keuangan pada 2019, dan sebagai Kanselir pada 2020.

Sunak mulai populer di kalangan politisi Inggris setelah dia meluncurkan rencana dukungan untuk orang-orang selama minggu-minggu awal penguncian pandemi Covid-19. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ini Dia Pemain Termuda di Piala Dunia 2022, Cek Asal Negara dan Klub-nya di Sini
Ini Alasan Liz Truss Mengundurkan dari Jabatannya sebagai PM Inggris
32 Tahun Pasca PM Margaret Thatcher, Inggris Kembali Dipimpin PM Perempuan, Ini Profilnya
Bupati Terpilih Inhu Jadi Perempuan Termuda yang Dilantik sebagai Kepala Daerah
komentar
beritaTerbaru