Selasa, 23 Juli 2024 WIB

Trump Sampaikan Pidato Perpisahan yang Tenang Namun Menyiratkan Tantangan

- Rabu, 20 Januari 2021 10:06 WIB
567 view
Trump Sampaikan Pidato Perpisahan yang Tenang Namun Menyiratkan Tantangan
Donald Trump. (wbur.org)

WASHINGTON DC, Pesisirnews.com - Selasa (19/1/2021) menjadi hari terakhir Donald Trump menjabat penuh sebagai presiden Amerika Serikat ( AS), sebelum Joe Biden dilantik pada Rabu (20/1/) ini, menggantikan Presiden AS ke-45 itu.

Dalam pidato perpisahan satu hari sebelum presiden terpilih dilantik yang disiarkan di akun Youtube resmi Gedung Putih, Presiden Trump mengatakan, dia adalah presiden pertama dalam beberapa tahun yang meninggalkan jabatannya tanpa memulai perang.

"Saya sangat bangga menjadi presiden pertama dalam beberapa dekade yang tidak memulai perang baru," kata Trump, dikutip dari pidato yang dirilis Gedung Putih, Selasa (19/1).

Baca Juga:

Presiden dari Partai Republik itu juga mencatat prestasinya yang tangguh terhadap China dengan mengatakan bahwa dia telah membawa tekanan internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya pada saingan komunis AS.

"Kami merevitalisasi aliansi kami dan mengumpulkan negara-negara di dunia untuk melawan China tidak seperti sebelumnya," katanya dalam pidatonya.

Baca Juga:

[br]

Trump mendo'akan keberuntungan bagi pemerintahan baru Presiden terpilih Joe Biden tetapi masih menolak untuk menyebut nama penerus Demokratnya.

"Besok kita akan meresmikan pemerintahan yang baru dan mari mendo'akan keberuntungan untuk keberhasilan mereka dalam menjaga keamanan dan kemakmuran Amerika," kata Trump.

"Sekarang, saat saya bersiap untuk menyerahkan kekuasaan kepada pemerintahan baru pada Rabu siang, saya ingin Anda tahu bahwa gerakan kita baru saja dimulai," katanya.

Trump akan meninggalkan Washington Rabu (20/1/) pagi, dan telah merencanakan acara perpisahan akbar di Pangkalan Bersama Andrews di dekatnya.

Sesampai di sana, dia akan naik Air Force One untuk terakhir kalinya, terbang ke Florida dan menjadi presiden pertama dalam lebih dari satu abad yang melewatkan pelantikan penggantinya.

Sumber: (kompas.tv)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kronologi Penemuan Mayat Staff Kepresiden Meninggal Disalah Satu Hotel Di Pontianak
Presiden Joko Widodo Sholat id Di Lapangan Simpang Lima Kota Semarang
Permintaan Presiden Jadi Saksi Harus Diputuskan Pengadilan
Pengadilan AS Perintahkan Penyelidikan Seorang Pria yang Bocorkan Informasi Sangat Rahasia
Presiden Biden dan Trump Berniat Kembali Mencalonkan Diri pada Pilpres AS 2024
CEO TikTok Jawab Tudingan Parlemen AS mengenai Bahaya TikTok bagi Kemanan Nasional
komentar
beritaTerbaru