Rabu, 24 Juli 2024 WIB

Angola Tempati Urutan Pertama Pebisnis Wanita Tertinggi di Dunia, Lewati Taiwan dan Indonesia

- Kamis, 03 November 2022 10:30 WIB
894 view
Angola Tempati Urutan Pertama Pebisnis Wanita Tertinggi di Dunia, Lewati Taiwan dan Indonesia
Ilustrasi: Wanita Angola jadi pengusaha wanita tertinggi di dunia tahun 2022. (BUSINESS INSIDER AFRICA)

(Pesisirnews.com) - Diperkirakan 274 juta wanita di seluruh dunia terlibat dalam bisnis rintisan, dengan tambahan 139 juta memiliki/mengelola bisnis yang sudah mapan.

Berdasarkan survei terbaru dari Taiwanplus yang dirilis baru-baru ini, Angola menjadi negara terkemuka untuk persentase wanita yang memiliki/mengelola bisnis tertinggi di dunia tahun 2022.

Taiwanplus menggunakan data yang dianalisis dari berbagai sumber termasuk Bank Dunia, Global Entrepreneurship Monitor dan Organisasi Buruh Internasional.

Baca Juga:

20 negara teratas untuk bisnis yang dimiliki wanita

Biru: bisnis tahap awal

Baca Juga:

Kuning: bisnis yang sudah mapan

% wanita dengan bisnis

Persentase wanita berusia 18 - 64 tahun yang saat ini menjadi pemilik-manajer bisnis baru (memiliki dan mengelola bisnis yang sedang berjalan yang telah membayar gaji, upah, atau melakukan pembayaran lain kepada pemilik selama lebih dari tiga bulan, tetapi tidak lebih dari 42 bulan), atau bisnis yang mapan (memiliki dan mengelola bisnis yang sedang berjalan yang telah membayar gaji, upah, atau melakukan pembayaran lainnya kepada pemiliknya selama lebih dari 42 bulan).

(Sumber: • Global Entrepreneurship Monitor)

Melansir BUSINESS INSIDER AFRICA, Kamis, survei tersebut menguraikan negara-negara yang memimpin jalan bagi perempuan wirausaha di panggung global.

Menurut survei, Angola muncul sebagai negara terdepan untuk persentase perempuan yang memiliki/mengelola bisnis dengan (35%), diikuti oleh Guatemala (24,9%) dan Burkina Faso (21,2%).

Survei tersebut juga menemukan bahwa tingkat tertinggi kepemilikan bisnis mapan untuk perempuan ditemukan di Asia Tengah & Timur sebesar 6,9%, 1,3 poin persentase lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 5,6%.

[br]

Industri yang paling populer bagi pengusaha wanita

Menurut survei tersebut, industri perdagangan grosir/eceran memiliki aktivitas kewirausahaan tahap awal paling banyak untuk wanita, dengan 51% beroperasi di sektor tersebut secara global, dibandingkan dengan 43% pria.

Rata-rata, TIK melihat kesenjangan gender terbesar dalam kegiatan tahap awal untuk wanita wirausaha, dengan hanya 2% wanita yang memulai atau memiliki bisnis baru dalam industri tersebut.

Tempat paling terjangkau bagi wanita untuk memulai bisnis

Data dari survei menunjukkan bahwa Rwanda adalah salah satu lokasi terkemuka dengan harga terjangkau bagi wanita untuk memulai bisnis, tanpa biaya awal dan waktu minimal yang dibutuhkan.Inggris dan Slovenia juga memiliki biaya awal yang rendah atau tidak sama sekali, yang memungkinkan perempuan di negara-negara ini untuk mendaftarkan bisnis baru tanpa beban biaya administrasi yang tinggi.

Meskipun wanita di Afrika Selatan dapat memulai bisnis dengan biaya minimal, hari-hari yang dibutuhkan adalah salah satu yang tertinggi yang dianalisis dengan rata-rata 40 hari.

Wanita paling berani dalam bisnis

Di Afrika, Mesir melaporkan persentase tertinggi wanita yang tidak ragu untuk memulai bisnis karena takut gagal sebesar 62,5%, diikuti oleh wanita di Angola (61,2%) dan Maroko (57,8%).

Laporan tersebut mencatat bahwa wanita di negara-negara seperti Nigeria, Afrika Selatan, dan Kenya adalah yang paling mungkin menunda memulai bisnis karena takut gagal.

Namun, terlepas dari pekerjaan luar biasa dari jutaan wanita wirausaha di seluruh dunia, kesenjangan gender dalam bisnis masih terjadi. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Survei LSI: Kepuasan Publik Terhadap Kinerja Jokowi Masih Cukup Tinggi dan Relatif Stabil
Begini Tanggapan Gerindra Soal Survei Ganjar Unggul dari Prabowo
Survei Terbaru: Ini Tokoh yang Elektabilitasnya Makin Menguat untuk Kandidat Capres 2024
Terbaru dari Survei IPS: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Dibawahnya Ada Ganjar dan Anies
Survei Terbaru: Tiga Tokoh Politik Ini Konsisten di Tiga Besar sebagai Kandidat Capres 2024
CSIS Rilis Hasil Survei Parpol yang Digemari Pemilih Muda dan Ini Partai yang Lolos Verifikasi Administrasi KPU
komentar
beritaTerbaru