Rabu, 24 Juli 2024 WIB

Saab JAS 39 Gripen, Jet tempur Buatan Swedia yang Kini Diperhitungkan

- Minggu, 17 April 2022 19:26 WIB
1.159 view
Saab JAS 39 Gripen, Jet tempur Buatan Swedia yang Kini Diperhitungkan
Ilustrasi: Pesawat tempur Saab JAS 39 Gripen buatan Swedia. (Foto via ARMY GLOBAL) 

(Pesisirnews.com) - Ketika B-52H Stratofortress Angkatan Udara Amerika Serikat terbang di atas langit Eropa, pengebom masif ini sering dikawal oleh campuran pesawat tempur yang mencakup F-15, F-16, F-35, dan Eurofighter Typhoon.

Bulan lalu, selama latihan bersama dengan Angkatan Udara Swedia, salah satu pembom Amerika dikawal oleh sepasang pesawat tempur Saab JAS 39 Gripen.

Baca Juga:

Latihan tersebut, yang berlangsung sebelum invasi Rusia ke Ukraina, merupakan bagian dari pola latihan yang berulang sejalan dengan kerjasama yang telah terjalin antara Amerika Serikat dan Swedia.

Stockholm telah mengatakan bahwa partisipasi dalam latihan semacam itu selaras dengan kebijakan pertahanan negara itu - dan sementara negara Skandinavia telah lama mempertahankan posisi netral, negara itu semakin dekat untuk bergabung dengan NATO.

Baca Juga:

Jika itu terjadi (Swedia bergabung dengan NATO), maka flyboys dan flygirls Angkatan Udara Amerika Serikat kemungkinan dapat berharap untuk melihat lebih banyak lagi JAS 39 Gripen yang berkemampuan tinggi.

[br]

Digunakan menjaga langit Hongaria

Beberapa pilot B-52 mungkin sudah akrab dengan pesawat tersebut karena saat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Hungaria di mana ia telah digunakan dalam latihan pengawalan pengebom sebelumnya.

Mei lalu, sebuah B-52H, yang ditugaskan ke Skuadron Bom ke-96, Pangkalan Angkatan Udara Barksdale (AFB), Louisiana, dan beroperasi di Pangkalan Udara Moron, Spanyol, dikawal oleh JAS 39 Hungaria selama patroli mendadak NATO.