Kamis, 25 Juli 2024 WIB

Ini Para Peraih Hadiah Nobel 2022 yang Nama-namanya Telah Diumumkan

- Kamis, 06 Oktober 2022 18:20 WIB
681 view
Ini Para Peraih Hadiah Nobel 2022 yang Nama-namanya Telah Diumumkan
Carolyn R. Bertozzi, Morten Meldal dan K. Barry Sharpless memenangkan Hadiah Nobel Kimia 2022. (Kredit: Christine Olsson/TT News Agency via AP)

OSLO (Pesisirnews.com) - Setiap tahun pada bulan Oktober, Komite Nobel di Swedia dan Norwegia akan memberikan penghargaan kepada peraih Hadiah Nobel dari berbagai bidang.

Secara total, enam hadiah diberikan, masing-masing mengakui kontribusi terobosan individu atau organisasi dalam bidang tertentu.

Hadiah diberikan untuk bidang fisiologi atau kedokteran, fisika, kimia, ilmu ekonomi, sastra, dan perdamaian.

Baca Juga:

Selama pandemi, panita Nobel melakukan penyesuaian. Pada tahun 2020 dan 2021, beberapa acara dibatalkan. Acara seremoni juga dilakukan secara digital untuk para pemenang dengan audiens yang terbatas. Hadiah untuk kategori perdamaian juga lebih kecil daripada tahun-tahun sebelumya.

Tahun ini, para pemenang akan menerima medali dan diploma Hadiah Nobel mereka di Stockholm pada bulan Desember, kata organisasi itu, dan pemenang dari dua tahun sebelumnya juga akan diundang.

Baca Juga:

Panitia akan mengumumkan nama satu pemenang setiap hari dalam seminggu, dimulai pada hari Senin kemarin, antara pukul 5 pagi dan 7 pagi waktu setempat.

Pengumuman dibuat di Stockholm dan Oslo, dan akan disiarkan langsung di saluran digital resmi Hadiah Nobel.

Berikut para pemenang Nobel tahun ini yang nama-namanya telah diumumkan:

Fisiologi atau kedokteran

Pada hari Senin, Svante Pääbo dianugerahi hadiah pertama tahun ini, untuk fisiologi atau kedokteran. Dr. Pääbo, ahli genetika Swedia, menang atas penemuannya tentang genom hominin yang punah dan evolusi manusia.

Dia menang untuk karyanya dalam mengambil materi genetik dari tulang berusia 40.000 tahun, menghasilkan genom Neanderthal lengkap dan memulai bidang studi DNA kuno.

Fisika

Pada hari Selasa, hadiah untuk fisika dibagikan untuk tiga orang, Alain Aspect, John F. Clauser dan Anton Zeilinger, untuk pekerjaan mereka dalam teknologi kuantum.

Eksperimen mereka telah “mengguncang dasar bagaimana kita menafsirkan pengukuran,” kata Komite Nobel untuk Fisika.

[br]

Kimia

Pada hari Rabu, Carolyn R. Bertozzi Morten Meldal dan K. Barry Sharpless berbagi penghargaan untuk kimia untuk pengembangan kimia klik dan kimia bio-ortogonal.

Ketiga ahli kimia tersebut telah bekerja secara independen sejak tahun 2000 untuk menciptakan molekul fungsional yang telah "mengarah pada sebuah revolusi dalam cara ahli kimia berpikir tentang menghubungkan molekul bersama-sama," kata komite Nobel.

Dr. Bertozzi adalah wanita kedelapan yang dianugerahi penghargaan tersebut, dan Dr. Sharpless adalah ilmuwan kelima yang dianugerahi dua Nobel, kata komite tersebut.

Adapun Penghargaan untuk sastra akan diumumkan pada hari Kamis, penghargaan untuk pekerjaan perdamaian akan diumumkan pada hari Jumat dan penghargaan untuk ilmu ekonomi akan diumumkan pada 10 Oktober.

Apa yang diterima para pemenang?

Pemenang akan menerima diploma Hadiah Nobel, medali Hadiah Nobel dan dokumen yang merinci jumlah Hadiah Nobel, yang tahun ini berjumlah 10 juta krona Swedia (sekitar $ 900.000 atau sekitar Rp 13,7 miliar dalam nilai tukar saat ini). (PNC/NYT)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra FFI 2022, Mana yang Jadi Film Favorit Kamu?
Kapolri Wujudkan Mimpi Teuku Tegar Atlet Lompat Galah Peraih Emas PON Jadi Polisi
Polres Inhil Apresiasi Pemenang ESI Inhil Competition 2021 dengan Memberikan SIM C Gratis
Kapolres Inhil Berikan Doorprize Pemenang Mobile Legends Tournament
PWI Inhil Umumkan Pemenang LKTJ Bertema Aplikasi New PLN Mobile
Miss Universe Arab Akan Digelar Kembali Setelah 70 Tahun, Pemenang Akan Berkompetisi di Israel
komentar
beritaTerbaru