Rabu, 24 Juli 2024 WIB

Kapolda Metro Jaya Copot Oknum Polantas yang ‘Barter’ Surat Tilang dengan Sekarung Bawang

- Selasa, 02 November 2021 21:02 WIB
355 view
Kapolda Metro Jaya Copot Oknum Polantas yang ‘Barter’ Surat Tilang dengan Sekarung Bawang
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. (Foto: Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

JAKARTA, Pesisirnews.com - Seorang oknum polantas di Polda Metro Jaya dicopot dari jabatannya dan di mutasi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran karena oknum polantas itu ‘membarter’ (menukar) surat tilang dengan sekarung bawang putih.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, polantas tersebut berinisial Aipda PDH.

Yusri membenarkan pengguna jalan merekam ulah anggota Satlantas Polresta Bandara pada 1 November 2021 sekira pukul 18.30 WIB.

Baca Juga:

Yusri menerangkan, Aiptu PDH sedang patroli di sekitar jalan P2 Bandara Soekarno-Hatta. Ia melihat ada truk muatan bawang dengan menggunakan pelat nomor BG.

Aiptu PDH lalu memberhentikan pengemudi guna mengecek surat-surat kendaraan.

Baca Juga:

"Pengemudi truk tidak membawa surat-surat," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (2/11).

[br]

Yusri menyebut, pengemudi dinilai melanggar aturan lalu lintas. Namun, yang terjadi pengemudi tak dikenakan sanksi tilang.

"Yang terjadi adalah bahwa ada satu pelanggaran yang dibuat petugas tersebut dengan menerima, jadi pelanggaran lalu lintas tidak dilakukan penilangan, tetapi ditukar dengan satu karung bawang putih," terang dia.

Kini, kata Yusri, anggota Satlantas Polres Bandara tersebut telah dicopot dari jabatan.

"Yang bersangkutan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Bidang Propam Polda Metro Jaya dan langsung dicabut, ditarik dan dipindahtugaskan jadi bintara sementara ini bintara Yanma," ujar dia.

Yusri menegaskan, atas pelanggaran yang dilakukan oleh Aipda PDH, Kapolda mencopot jabatan dan memindahtugaskan ke Polda Metro Jaya.

“Pak Kapolda Metro Jaya sudah tegas, ada punishment ada reward. Anggota yang melakukan kegiatan keberhasilan, akan diberikan penghargaan. Tapi yang melakukan pelanggaran akan diberikan punishment, hukuman," pungkasnya.

[br]

Sebelumnya, video aksi penilangan tersebut diketahui diunggah dan menjadi viral di media sosial. Dalam rekaman video tersebut, salah satu pengemudi truk mengatakan polisi yang melakukan tilang sempat meminta uang sebesar Rp 100.000 sebagai ganti surat tilang.

Namun polisi tersebut menolak uang Rp 100 ribu dan meminta satu karung bawang kepada sopir yang ditilang.

Kemudian satu karung bawang tersebut diletakkan di atas motor oleh oknum polisi tersebut.

“Aku kena tilang tapi dimintain bawangnya satu karung bos. Polisi. Tolong rekan-rekan bantu kondisi saya ya. Saya dimintain satu karung,” kata orang dalam video tersebut. (PNC/OKEZONE)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru