Rabu, 24 Juli 2024 WIB

Arab Saudi Larang Unta Berkeliaran Selama Musim Haji

- Selasa, 14 Juni 2022 09:51 WIB
597 view
Arab Saudi Larang Unta Berkeliaran Selama Musim Haji
Ilustrasi: Unta dilarang berkeliaran selama musim haji. (Int)

RIYADH (Pesisirnews.com) - Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian Saudi menerapkan langkah-langkah untuk mencegah unta memasuki tempat-tempat suci. Upaya ini sebagai bagian dari serangkaian tindakan pencegahan yang diambil oleh pihak berwenang untuk menghadapi Sindrom Pernafasan Timur Tengah (Corona).

Dilansir dari khaberni.com, Selasa (14/6), direktur cabang kementerian di wilayah Makkah, Eng Saeed Al-Ghamdi, menjelaskan bahwa mencegah unta memasuki tempat-tempat suci akan dilakukan selama musim haji tahun ini.

Menurut dia, hal ini diambil sebagai langkah mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran virus yang ditularkan dari hewan ke manusia.

Baca Juga:

Eng Al-Ghamdi juga menyampaikan bahwa kementerian mempersiapkan musim haji tahun ini dengan paket tindakan yang mencakup penyediaan kader veteriner khusus yang bekerja sepanjang waktu untuk memeriksa domba yang datang melalui Pelabuhan Islam Jeddah.

Mereka bertugas untuk memastikan keselamatan peziarah dengan deteksi superfisial dan laboratorium, dan untuk membangun pos pemeriksaan di pintu masuk ke Ibu Kota Suci.

Baca Juga:

Para kader khusus ini bekerja untuk mencegah masuknya domba, kecuali setelah memverifikasi sumber dan keamanannya.

[br]

Sedangkan untuk memberikan dukungan dan mengantisipasi keadaan darurat, empat tim dokter hewan lapangan juga dikerahkan ke pasar ternak di Makkah Al-Mukarramah.

Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian cabang Wilayah Makkah telah menggelar lokakarya sebagai bagian dari persiapan Kementerian untuk musim haji tahun ini, dengan partisipasi tim dokter hewan kurban ibadah haji.

Lokakarya ini menjelaskan penyakit bakteri dan virus yang paling penting, dan metode pengumpulan dan pengawetan sampel untuk mereka.

Tujuan lokakarya ini untuk meningkatkan tingkat efisiensi dan kesiapan individu yang berpartisipasi melalui pelatihan khusus tentang pekerjaan tim haji veteriner.

Eng Al-Ghamdi juga mengimbau kepada seluruh pekerja di musim haji tahun ini untuk melipatgandakan usahanya dalam melayani peziarah, serta menyediakan semua layanan yang menyentuh kebutuhan peziarah saat mengunjungi tempat-tempat suci. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kedatangan Kloter Pertama  Jemaah Haji Inhil Di Sambut Pj Bupati Inhil
Hukum Makan Daging Kurban Sendiri, Bolehkah? Begini Kata UAS dan Buya Yahya
Bupati HM WARDAN lepas Keberangkatan 373 Jamaah Haji Asal Inhil Musim Haji 1444 Hijriyah
Ubah Citra Ultra-Konservatif, Arab Saudi akan Kirim Astronot Wanita Pertama ke Luar Angkasa
Wajib Diketahui Calon Pekerja Migran Indonesia: Arab Saudi Berlakukan Tes sebelum Berikan Visa
Biaya Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1444 Hijriah/2023 yang Ditetapkan Sesuai Embarkasi
komentar
beritaTerbaru