Kamis, 25 Juli 2024 WIB

Menkes Terawan Nilai Ada Potensi Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Haikal - Selasa, 24 November 2020 19:46 WIB
441 view
Menkes Terawan Nilai Ada Potensi Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
PEMERINTAH menyiapkan penyusunan besaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk membuat program yang berbasis Kebutuhan Dasar Kesehatan (KDK).
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan penyesuaian iuran ini mengacu pada Peraturan Presiden 64 Tahun 2020 atas manfaat JKN berbasis kelas standar dan kebutuhan dasar kesehatan (KDK). "Adanya amanat dalam Perpres 64/2020 tentang peninjauan ulang iuran Jaminan Kesehatan Nasional, rawat inap kelas standar, konsekuensinya pada perubahan besaran iuran," kata Terawan dalam rapat bersama Komisi IX DPR, Selasa (24/11).
Terawan menyebut penyesuaian iuran BPJS Kesehatan melalui pertimbangan banyak pihak termasuk Kementerian Keuangan, BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan. Oleh karena itu, penetapan iuran pertama akan menggunakan metode aktuaria"Penyusunan iuran JKN dalam rangka penyesuaian iuran dikoordinir oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional, dengan mempertimbangkan masukan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Kesehatan, dan BPJS Kesehatan," jelasnya.
Dia menambahkan begitu juga adanya pertimbangan pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan, rawat inap kelas standar, kemampuan membayar dari peserta, inflasi kesehatan termasuk perbaikan tata kelola program JKN."Dasar penentuan manfaat berbasis kebutuhan dasar kesehatan yang tidak dijamin JKN kemudian akan disesuaikan dengan Pasal 52 Perpres 82 Tahun 2018," lanjutnya.

SHARE:
Tags
beritaTerkait
Caleg Partai Bulan Bintang Perkosa Anak Kandung Sampai Melahirkan, Pelaku Ditangkap di Gunung
Siswi SMA Ditemukan Tewas Bersimbah Darah Didalam Parit Kebun Karet
Komandan Wagner Klaim Berhasil Menewaskan 38.000 Tentara Ukraina
Kabar Gembira, Bupati Inhil Instruksikan BKAD Cairkan Hak ASN, Guru Kontrak Provinsi dan Perangkat Desa
Rusia - Ukraina Saling Klaim Tewaskan Ratusan Serdadu dalam Pertempuran Bakhmut
Diperkirakan Jutaan Amunisi Mengalir dari Iran ke Rusia
komentar
beritaTerbaru