Kamis, 25 Juli 2024 WIB

Ada 21 Negara Uni Eropa Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara

- Sabtu, 03 Desember 2022 12:32 WIB
641 view
Ada 21 Negara Uni Eropa Tertarik Berinvestasi di IKN Nusantara
Ilustrasi: Rancangan IKN Nusantara. (futuresoutheastasia.com)

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengungkapkan, ada 21 negara Uni Eropa (UE) tertarik berinvestasi di IKN, Kalimantan Timur.

"Ketertarikan negara-negara Uni Eropa pada pembangunan IKN akan ditindaklanjuti dengan serius supaya harapan pemerintah 80 persen pembiayaan berasal dari investor terpenuhi," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam keterangannya, dikutip Antara, Sabtu (3/12/2022).

Otorita IKN telah melakukan pertemuan dengan perwakilan dari 21 negara UE. Pertemuan itu dihadiri Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, dan Sekretaris Otorita IKN Jaka Santos.

Baca Juga:

Sedangkan perwakilan Uni Eropa, di antaranya Italia, Polandia, Belgia, Hungaria, Rumania, Swedia, dan negara lainnya.

Otorita IKN sebelumnya mengungkapkan Pemerintah Finlandia dan Spanyol berminat bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dalam pembangunan IKN.

Baca Juga:

Pemerintah Finlandia dan Spanyol bertemu dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono untuk membahas kerja sama pembangunan IKN.

[br]

IKN menyambut baik negara-negara yang ingin bekerja sama. Sebelumnya ada beberapa negara yang ingin bekerja sama seperti Korea dan Arab Saudi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun melakukan pembangunan secara masif di IKN mulai dari pembangunan Kantor Presiden, Kantor Kementerian, hunian untuk pekerja, hingga jalan.

Pembangunan infrastruktur dasar ini ditargetkan kelar pada 2024. Otorita IKN hingga dua tahun ke depan fokus pada pengembangan wilayah di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) 1A untuk menjadi kota layak huni dengan fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Dua Wanita Diamankan Polres Inhil Kasus Penipuan Investasi Bodong
Untuk Keamanan Siber, Uni Eropa Larang Sementara Karyawan Miliki Aplikasi TikTok
Kabupaten Inhil Raih Peringkat III Realisasi Investasi PMA dan PMDN di Provinsi Riau Tahun 2022
Jemaah Demo Ustadz Yusuf Mansur, Tuntut Pengembalian Uang Investasi Rp 46 Miliar
Meninves BKPM: Kalau Tak Ingin Ketinggalan Harus Gaspol Capai Target Investasi
Khawatir Kekurangan Pasokan Gas dari Rusia, Negara-negara UE Kembali Mengincar Batu Bara
komentar
beritaTerbaru