Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

India Dilanda Cuaca Ekstrim, Suhu Maksimum Mencapai 49,2 derajat Celcius

- Senin, 16 Mei 2022 11:50 WIB
570 view
India Dilanda Cuaca Ekstrim, Suhu Maksimum Mencapai 49,2 derajat Celcius
Ilustrasi: Suhu ekstrim di India. (Int)

NEW DELHI (Pesisirnews.com) - Seluruh negara bagian di India seminggu terakhir berada dalam cengkeraman suhu panas yang parah. Gelombang panas yang menerpa India saat ini, membuat terjadinya kenaikan suhu maksimum di delapan Kecamatan di wilayah Haryana hingga menembus suhu 47 derajat Celcius pada Minggu.

Di sisi lain, Balsamand di Hisar dan Mungeshpur di Delhi mencatat suhu harian 49,2 derajat Celcius, yang merupakan tertinggi di negara itu seperti dilansir dari laman berita India amarujala.com, Senin (16/5).

Di distrik Hisar, Mahendragarh, Gurugram, Sirsa, Fatehabad, Jhajjar, Jind dan Rohtak di Haryana, suhu tercatat di atas 47,0 derajat Celcius pada hari Minggu.

Baca Juga:

Sebelumnya pada tahun 1998, Hisar mencatat suhu maksimum 48,8 derajat Celcius, yang merupakan rekor tertinggi.

Departemen Meteorologi memperkirakan penurunan suhu dua hingga tiga derajat Celcius mulai 16 Mei diperkirakan terjadi karena efek dari angin barat.

Baca Juga:

[br]

Menurut Dr. Chandramohan, Petugas Nodal dari Sub-Pusat, Narnaul, Departemen Meteorologi India, sirkulasi siklon yang diinduksi akan terbentuk di Punjab Selatan dan Rajasthan Utara karena efek angin barat yang lemah, yang telah memasuki daerah pegunungan utara.Karena itu, arah angin akan berhembus ke arah tenggara.

Dengan efek gangguan angin barat mulai 16 Mei, akan ada bantuan dari penurunan gelombang panas di sebagian besar negara bagian yang akan membuat suhu turun dua hingga tiga derajat Celcius.

Di dataran India Utara, panas terik dan panas yang ekstrem telah membuat hidup orang-orang sengsara.

Suhu maksimum tetap di atas 45,0 derajat Celcius di sebagian besar tempat di Haryana, NCR dan Delhi. Hisar, Mahendragarh, Gurugram, Sirsa, Fatehabad, Jhajjar, Jind dan Rohtak adalah distrik di negara bagian di mana suhu telah tercatat di atas 47,0 derajat Celcius pada hari Minggu. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Mengenal Rishi Sunak, Pria Keturunan India Beragama Hindu yang Jadi PM Inggris Termuda
Bank di India Akan Memperkenalkan Penarikan Tunai Tanpa Kartu di ATM
India Sukses Uji Coba Sistem Pertahanan Rudal Jarak Menengah Kerja Sama dengan Israel
Sistem Counter Drone India Ditargetkan Mampu Hancurkan Semua Jenis Drone Musuh
Perusahaaan India Uji Coba Penyemprotan Pupuk dan Pestisida dengan Drone
Rusia Menawarkan Minyak Mentah ke India dengan Harga Murah
komentar
beritaTerbaru