Senin, 24 Juni 2024 WIB

Ukraina Pesan 100 Kendaraan Lapis Baja Rosomak dari Polandia

- Minggu, 02 April 2023 10:33 WIB
605 view
Ukraina Pesan 100 Kendaraan Lapis Baja Rosomak dari Polandia
Kendaraan lapis baja Rosomak. (Foto: web archive ) 

KYIEV (Pesisirnews.com) - Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki pada hari Sabtu mengatakan bahwa Ukraina telah memesan 100 kendaraan lapis baja multiguna Rosomak yang diproduksi di Polandia di bawah lisensi Finlandia.

"Saya membawa pesanan kemarin oleh Perdana Menteri (Ukraina) Denys Shmyhal untuk 100 Rosomaks yang akan dibuat di sini," kata Mateusz Morawiecki, selama kunjungannya ke lokasi pembuatan Rosomak yang terletak di kota Siemianowice Slaskie di selatan Polandia.

Dia mengatakan pesanan tersebut akan dibiayai dengan dana yang diberikan Uni Eropa ke Polandia dan dana AS yang telah diterima Ukraina.

Baca Juga:

Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat dan sekutunya telah menyediakan banyak senjata dan banyak dana ke Ukraina setelah diinvasi oleh Rusia pada Februari 2022.

Kendaraan lapis baja serba guna 8x8, Rosomak yang diproduksi di bawah lisensi dari Patria, Finlandia itu diharapkan mampu memperkuat militer Ukraina dalam menghadapi Rusia.

Baca Juga:

[br]

Menhan Rusia janjikan lebih banyak pasokan amunisi

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu pada hari Sabtu berjanji untuk meningkatkan pasokan amunisi ke pasukan Rusia di Ukraina selama kunjungannya ke markas pasukan Rusia yang berperang di negara tersebut, sesuai dengan video kementerian pertahanan pada hari Sabtu.

Dalam video yang dipublikasikan di Telegram oleh kementerian, Shoigu memimpin pertemuan dengan para perwira senior militer, termasuk prajurit paling senior Rusia Jenderal Valery Gerasimov.

Dalam video tersebut, Shoigu, saat berbicara dengan rekannya, terdengar dia mengatakan bahwa Rusia akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pasokan amunisi ke pasukan di garis depan.

“Volume pasokan amunisi yang paling banyak diminta telah ditentukan.Langkah-langkah yang diperlukan sedang diambil untuk meningkatkannya,” katanya.

(PNC/WION)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Komandan Wagner Klaim Berhasil Menewaskan 38.000 Tentara Ukraina
Putin Tuding AS dan Nato Membentuk Aliansi Global Mirip Perang Dunia II
Rusia - Ukraina Saling Klaim Tewaskan Ratusan Serdadu dalam Pertempuran Bakhmut
Diperkirakan Jutaan Amunisi Mengalir dari Iran ke Rusia
Sulit Memperoleh F-16 dari AS, Turki Pertimbangkan Membeli Jet Tempur China dan Rusia
Rusia Meradang, Jerman Umumkan Kesiapan untuk Memproduksi Tank di Ukraina
komentar
beritaTerbaru