Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Astagfirullah, Jaksa Swedia Putuskan bahwa Membakar Al-Quran Bukan Kejahatan

- Jumat, 20 November 2020 11:58 WIB
497 view
Astagfirullah, Jaksa Swedia Putuskan bahwa Membakar Al-Quran Bukan Kejahatan
Ilustrasi: (Kredit Foto: Facebook)

SWEDIA, Pesisirnews.com - Sehubungan dengan pembakaran Al-Quran yang dilakukan seorang pria di kawasan industri Emilstorp, Swedia pada Agustus lalu, jaksa yang melakukan investigasi menyampaikan bahwa tindakan tersebut bukanlah suatu kejahatan.

Dilansir laman media Swedia svt.se, Jumat (20/11/2020), jaksa penuntut yang telah memulai penyelidikan awal dugaan penghasutan terhadap kelompok etnis, memutuskan membatalkan proses penyelidikan pada Kamis (19/11).

Jaksa menilai, apa yang diteriakkan selama demonstrasi melawan kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok pengikut agama tertentu dapat diklasifikasikan sebagai penghasutan terhadap kelompok etnis, tetapi pelakunya tidak dapat diidentifikasi.

Baca Juga:

Awal terjadinya peristiwa pembakaran Al-Quran bermula dari pemimpin partai Denmark Rasmus Paludan yang akan membakar Al-Quran di Malmö. Namun aksi tersebut dapat dicegah polisi setempat.

Malmö merupakan kota multikultural di Denmark yang memiliki populasi Muslim yang sangat tinggi, Namun, tingkat kekerasan berlatar agama yang terjadi di kota itu dinilai kondisinya sudah sangat parah.

Baca Juga:

[br]

Polisi Swedia kemudian menghentikan masuknya gelombang aksi serupa ke Swedia, ketika seorang pria lain di negara itu melakukan aksi membakar kitab suci agama Islam tersebut.

“Saya telah memutuskan untuk menutup penyelidikan awal,” kata jaksa penuntut Sofia Syrén.

Jaksa Syrén memutuskan untuk menutup pemeriksaan pendahuluan, antara lain berdasarkan informasi saksi dan video dari tempat kejadian.

“Kami telah melihat apa yang terjadi di sekitar, bagaimana orang tersebut mengekspresikan diri dan sebagainya,” katanya.

“Tidak mungkin untuk membuktikan bahwa kejahatan telah dilakukan, membakar Al-Quran itu sendiri tidak ilegal,” ujarnya.

Insiden tersebut mengakibatkan kerusuhan hebat di Rosengård, di mana orang-orang melemparkan batu ke arah polisi. Enam orang didakwa pekan lalu karena melakukan kerusuhan dan kekerasan.

Sumber: (svt NYHETER)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pemerintah Pakistan Bertekad Mengakhiri Kejahatan Taliban Pakistan untuk Selamanya
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Berikan Bantuan Al-Qur'an, Iqro' dan Buku Yasin ke Masjid Al-Muhajirin
Bupati Inhil HM. Wardan Tinjau Rumah Tahfidz Al-Qur'an di Mandah
Bupati Inhil HM. Wardan Terima Hibah 1200 Mushaf Al-Qur'an dari Sinar Mas Group
Saab JAS 39 Gripen, Jet tempur Buatan Swedia yang Kini Diperhitungkan
Jika Finlandia dan Swedia Ngotot Bergabung dengan NATO, Rusia Ancam Akan Sebar Nuklir
komentar
beritaTerbaru