Kamis, 25 Juli 2024 WIB

Dibuka Bupati, Dinas Kebudayaan Riau Pamerkan Uang Kuno di Bagan Siapiapi

- Selasa, 12 Oktober 2021 14:26 WIB
679 view
Dibuka Bupati, Dinas Kebudayaan Riau Pamerkan Uang Kuno di Bagan Siapiapi
Photo : Istimewa.
ROKAN HILIR

Pesisirnews.com - Bupati Rokan Hilir secara resmi membuka kegiatan pameran mata uang kuno yang digelar selama lima hari kedepan di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Rohil di Batu Enam, Bagan Siapiapi, Selasa (12/10/2021).
Dibukanya pameran itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi wakil bupati H Sulaiman dan Kepala Seksi Pengelola Museum Sang Nila Utama Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Edi Yulisman.
Usai menggunting pita, Bupati dan undangan yang hadir melihat sebanyak 63 koleksi uang kuno berbentuk koin dan kertas yang dipamerkan. Tampak dalam pameran itu koin satu sen tahun 1939 bahkan yang paling lama uang koin 1251 H uang Negri Siak dan mata uang lainnya dari zaman sebelum Indonesia merdeka.
Edi Yulisman mengatakan, pameran keliling ini dilaksanakan di empat Kabupaten bersempena peringatan hari Museum. Adapun empat kabupaten kota yaitu, kota Dumai, Kabupaten Rohil, Rokan Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir.
"Pameran ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya untuk para pelajar untuk mengenal mata uang yang pernah di gunakan yang ada di koleksi museum sang nila utama," papar Edi.
Sementara itu Bupati memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan Riau yang menggelar acara ini. Dikatakan Afrizal, dengan adanya pameran ini masyarakat dapat mengetahui alat tukar yang digunakan masyarakat zaman dahulu.
"Kegiatan ini mengingat kita bahwa masa lalu atau masa lampau yang mana orang tua kita kakek-kakek itu zaman dulu menggunakan uang koin, dan kita bisa melihat langsung disini seperti apa bentuknya," tandasnya.

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Beri Rasa Aman dan Antisipasi C3, Satlantas Polres Rohil Gelar Blue Light Patroli
Karang Taruna Basira Gelar Turnamen Voli Dewi Juliani CUP
Ciptakan Kamsebtibcarlantas, Satlantas Polres Rohil Bagikan 10 Baju Kaos Pelopor Keselamatan
Bobol Ruko, Maling di Kubu Gasak Sepeda Motor, Voucher, dan Uang Kontan
Dewi Juliani SH : Rayakan Hari Bahagia Nasional Dengan Membahagiakan Orang Lain
Pemilu Semakin Dekat, Dewi Juliani SH : Pilih Pemimpin yang Dapat Membawa Perubahan Positif untuk Negara ini
komentar
beritaTerbaru