Kamis, 25 Juli 2024 WIB

Bupati Inhil HM.Wardan Dukung Penuh Terbentuknya Lembaga Perkelapaan Nasional

- Selasa, 29 Maret 2022 11:56 WIB
967 view
Bupati Inhil HM.Wardan Dukung Penuh Terbentuknya Lembaga Perkelapaan Nasional

JAKARTA (Pesisirnews.com) - Sebagai salah satu Ketua Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK), Bupati Inhil HM.Wardan, MP menghadiri sekaligus memberikan pemaparan tentang perkelapaan di depan Deputi Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Perkonomian Republik Indonesia pada acara Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Hotel Pullman Jl. HM.Thamrin No. 9 Gondangdia Jakarta Pusat, Senin (28/3/2022).

Rapat koordinasi yang dihadiri kepala daerah penghasil kelapa se-Indonesia dan berbagai Asosiasi Perkelapaan ini memberikan pemaparan tentang perkelapaan serta rencana terbentuknya suatu kelembagaan yang menangani masalah kelapa skala nasional ini disambut positif oleh Kemenko Perekonomian melalui Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Dr. Ir. Musdhalifah Machmud, M.T. dalam rangka mendorong percepatan pengembangan kelapa nasional.

Deputi Kemenko Perekonomian RI Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis mengharapkan kepada daerah penghasil kelapa untuk betul-betul mampu memasarkan komiditas kelapa di dunia internasional, mengingat masyarakat dan ekonomi kita tergantung kelapa.

Baca Juga:

Pada kesempatan tersebut, Bupati HM.Wardan menyampaikan kondisi terkini perkebunan kelapa di Inhil. Untuk itu, bupati menawarkan satu konsep penataan kebun kelapa yang khas. Karena, Inhil terkenal sebagai daerah pasang surut dan daerah yang bergambut.

Bupati juga menyampaikan bahwa kabupaten Indragiri Hilir merupakan ‘Kabupaten Hamparan Kelapa Dunia’. Karena lebih dari 80 persen masyarakat Inhil mengantungkan harapannya kepada kelapa. Jika Usulan dibentuknya suatu Kelembagaan yang menangani tentang perkelapaan secara nasional dapat disetujui, maka kesejahteraan petani kelapa dapat diwujudkan.

Baca Juga:

"Kelapa merupakan pohon kehidupan, karena 80 persen masyarakat Inhil bergantung kepala kelapa, karena itu Kabupaten Inhil mendukung penuh terbentuknya suatu Lembaga Nasional yang menangani perkelapaan,” ucap Bupati Inhil HM Wardan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati HM.Wardan menerima PIN Asosiasi Petani Kelapa Nusantara dari Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Dr. Ir. Musdhalifah Machmud, M.T.

Turut mendampingi Bupati pada acara tersebut Kadis Perkebunan, Kadis Tanaman Pangan Peternakan dan Holtikultura serta Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Inhil. (PNC/Pop/rls)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Syukuran Hari Ulang Tahun Bhakti Adhyaksa Ke -64 Di Hadiri Pj Bupati Inhil Herman
Pj Bupati Inhil Herman, SE, MT Canangkan Gerakan Aksi Bergizi di Kab. Inhil
DPRD Kab Inhil Usulkan Tiga Nama Kandidat Calon Pj Bupati Inhil
Pj Bupati Inhil Herman Terima Kunjungan Kepala Kantor Bea Cukai Tembilahan
Lima Unit Rumah Ludes Dilalap Sijago Merah Di Desa Pasanggrahan Inhil
Pj Bupati Inhil Terimah LKPJ Tahun 2023
komentar
beritaTerbaru