Kamis, 25 Juli 2024 WIB

Studi: 4 Kelebihan Bos Wanita yang Membuatnya Lebih Baik daripada Bos Pria

- Senin, 13 Maret 2023 12:40 WIB
786 view
Studi: 4 Kelebihan Bos Wanita yang Membuatnya Lebih Baik daripada Bos Pria
Ilustrasi: Bos wanita. (Yahoo/Corbis/Kolase)

(Pesisirnews.com) - Sebuah survei yang dilaporkan Catalyst, hanya 6 persen wanita yang memegang posisi sebagai CEO di perusahaan pada 2019. Tetapi, meski tidak banyak pemimpin wanita di dunia, ada keuntungan tertentu yang didapat karyawan yang bekerja dengan bos wanita.

Dalam banyak hal seperti komunikasi, penetapan tujuan, dan aspek lain dalam memahami kebutuhan karyawan, bos wanita disebut berperan lebih baik daripada bos pria. Sebuah survei juga mengungkapkan bahwa mereka yang bekerja dengan bos wanita lebih beruntung daripada mereka yang bekerja dengan bos laki-laki.

Menurut BI Norwegian Business School, wanita lebih cocok untuk kepemimpinan daripada rekan pria mereka di sebagian besar wilayah, kata Profesor Øyvind L. Martinsen, kepala Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.

Baca Juga:

Penelitian oleh lembaga tersebut mempelajari ciri-ciri kepribadian lebih dari 2.900 manajer, yang mencakup lebih dari 900 wanita, lebih dari 900 manajemen senior, dan hampir 900 dari sektor publik.

Penelitian itu menemukan bahwa skor pemimpin wanita lebih tinggi daripada pria di empat negara yang diukur menggunakan lima kategori.

Baca Juga:

Mereka mendapat skor lebih tinggi dalam inisiatif dan komunikasi yang jelas, keterbukaan dan kemampuan untuk berinovasi, kemampuan bersosialisasi dan dukungan serta manajemen metodis, dan penetapan tujuan.

"Hasil kami menunjukkan bahwa wanita secara alami berperingkat lebih tinggi, secara umum, daripada pria dalam kemampuan mereka untuk berinovasi dan memimpin dengan kejelasan dan dampak," kata Martinsen.

[br]

“Temuan ini menimbulkan pertanyaan tentang konstruksi hierarki manajemen dan dispensasi wanita saat ini dalam peran mereka," jelas Martinsen.

“Tentu saja, tidak perlu dikatakan bahwa ada bos yang buruk dari kedua jenis kelamin di tempat kerja kita. Tetapi, ada hal-hal lain yang lebih baik dilakukan wanita, yang menjadikan mereka pemimpin yang baik,” ujarnya.

Berikut adalah empat kelebihan bos wanita yang membuatnya lebih baik daripada bos laki-laki, yang dilansir dari laman Women Working :

1. Wanita adalah komunikator yang hebat

"Tidak mengherankan jika wanita adalah komunikator yang lebih kuat dan penghubung yang lebih baik daripada pria," kata Jay Forte, penulis Fire Up!

Mereka lebih cerdik dalam mengetahui cara mengaktifkan gairah pada karyawan mereka. Mereka peka dalam melihat bagaimana emosi Anda berubah. Dia menambahkan bahwa karyawan bekerja lebih baik ketika mereka merasa terhubung.

"Wanita adalah pembangun komunitas dan pembangun konsensus yang penting," jelasnya.

2. Memiliki pendekatan belajar yang bersemangat dan penuh perhatian

Para peneliti di University of Georgia dan Columbia University menemukan bahwa anak perempuan berprestasi lebih baik dalam pembelajaran di kelas dan mendapatkan nilai yang lebih tinggi di sekolah dasar.

"Keterampilan yang paling penting dalam hal bagaimana guru menilai siswa mereka adalah apa yang kami sebut sebagai 'pendekatan pembelajaran'," kata Christopher Cornwell, Ph.D., kepala ekonomi di UGA Terry College of Business.

Penelitian itu mengukur perhatian anak, kegigihan tugas, keinginan untuk belajar, kemandirian belajar, fleksibilitas, dan organisasi.

"Saya pikir siapa pun yang merupakan orangtua dari anak laki-laki dan perempuan dapat memberi tahu Anda bahwa anak perempuan lebih dari itu semua," kata Cornwell.

[br]

3. Mereka menghargai kebutuhan akan keseimbangan kehidupan kerja

Tidak seperti bos laki-laki, pemimpin wanita lebih cenderung toleran terhadap orang yang melakukan pekerjaan pribadi selama jam kerja. Dan, itu karena wanita menghargai kebutuhan akan keseimbangan kehidupan kerja.

Sebaliknya, bos laki-laki cenderung kehilangan kesabaran saat melihat seorang karyawan melakukan panggilan telepon pribadi atau memeriksa media sosial.

Bukan itu saja, bos wanita lebih cenderung mempertimbangkan situasi pribadi karyawan saat mengelola mereka. Bos wanita lebih sadar dan bersimpati pada masalah orang lain dalam kehidupan pribadinya.

4. Mereka pandai multitasking

Kebanyakan orang percaya bahwa wanita pandai melakukan banyak tugas secara bersamaan (multitasking), tetapi sekarang ada data untuk membuktikannya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam BMC Psychology mengungkapkan bahwa wanita lebih baik dalam multi-tasking daripada pria.

"Wanita mengungguli pria dalam paradigma multi-tasking ini, tetapi kurangnya studi empiris tentang perbedaan gender dalam multi-tasking harus berhati-hati agar tidak membuat generalisasi yang kuat," kata peneliti.

(PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Studi: Wanita Berpendidikan dan Mapan Makin Enggan Terikat Pernikahan
Studi: Dampak Pemanasan Global dalam Meningkatkan Bahaya Jamur bagi Manusia
Studi: Kurang Tidur  di Usia 50 Tahun ke Atas Dapat Mempersingkat Rentang Hidup Anda
Kasus Baru Covid-19 Kembali Meningkat, China Tutup Universal Studios di Beijing
Studi Terbaru: Pengaruh Golongan Darah Terhadap Potensi Risiko Terserang Stroke Dini
Ingin Tahu Fantasi Seksual Wanita Menurut Hasil Studi? Simak Jawabannya di Sini
komentar
beritaTerbaru