Senin, 24 Juni 2024 WIB

Penting Dibaca Pemudik: 9 Tips Mengemudi Jarak Jauh yang Aman

- Selasa, 26 April 2022 10:46 WIB
615 view
Penting Dibaca Pemudik: 9 Tips Mengemudi Jarak Jauh yang Aman
Ilustrasi: Perjalanan jarak jauh menggunakan mobil. (int)

(Pesisirnews.com) - Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, pada tahun ini pemerintah memberi kelonggaran bagi calon pemudik untuk pulang ke kampung halaman meskipun situasi masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Itu sebabnya menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 H yang tinggal beberapa hari lagi, terpantau lonjakan arus mudik mulai mengalami peningkatan.

Moda transportasi yang digunakan untuk mudik pun bervariasi, mulai dari pesawat udara, kapal laut, kereta api, mobil hingga sepeda motor.

Baca Juga:

Bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi, perjalanan jauh dapat terasa menyenangkan pada awalnya, tetapi ini dapat dengan cepat hilang.

Semakin jauh rute yang Anda tempuh maka semakin cepat pula Anda mulai merasa tidak nyaman dan gelisah setiap jam berlalu.

Baca Juga:

Kondisi lelah, mengantuk dan lain sebagainya tentu dapat membahayakan diri Anda beserta penumpang lainnya di dalam perjalanan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan, ada baiknya Anda simak beberapa tips aman berkendara jarak jauh berikut ini:

1. Persiapkan mobil Anda dengan benar

Pastikan mobil Anda dipersiapkan dengan baik sebelum menempuh perjalanan jauh. Lakukan pengecekan mobil seperti rem, kondisi ban, lampu-lampu, dll. Ini juga termasuk kelengkapan surat-surat kendaraan Anda.

Mempersiapkan mobil Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah risiko dan memberi Anda ketenangan pikiran dalam perjalanan panjang. Ini akan memastikan bahwa semuanya dalam keadaan baik dan akan mengurangi kemungkinan terjadi kesalahan saat Anda bepergian.

2. Buat rencana perjalanan

Merencanakan perjalanan dengan rute panjang sangat penting agar Anda dapat mengantisipasi situasi tak terduga, misalnya kemacetan, mencari tahu perhentian di sepanjang jalan, menjadwalkan waktu tidur termasuk mempersiapkan jalur alternatif yang akan dilalui.

Rencana perjalanan yang matang dapat menghindari stress saat Anda mulai merasa jenuh mengemudi.

[br]

3. Cukup tidur

Hal terburuk yang dapat terjadi adalah ketika Anda merasa lelah dan mengantuk saat mengemudi. Tidur yang cukup pada malam sebelumnya akan memastikan perjalanan Anda seaman dan seefisien mungkin.

Saat kurang tidur, Anda lebih rentan kehilangan fokus berkendara. Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda terjaga selama 20 jam, kondisi Anda bisa sama seperti orang yang mabuk miras.

4. Tetap terhidrasi

Penting untuk mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup sehingga Anda dapat menghindari kelelahan atau kekurangan cairan tubuh yang disebabkan dehidrasi.

Jumlah air yang disarankan per hari untuk wanita lebih dari dua liter dan sekitar tiga liter untuk pria.

Meminum minuman mengandung kafein seperti kopi juga bagus kareena ini meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kewaspadaan.

Tetapi harus diingat jangan minum minuman mengandung kafein secara berlebihan karena dapat menyebabkan diuretik yang justru membuat Anda bisa mengalami dehidrasi.

5. Makan dengan benar

Penting untuk menghindari makan makanan dengan karbohidrat tinggi dan gula halus, seperti yang ditemukan dalam minuman ringan manis dan permen, karena dapat memberi Anda dorongan energi sementara, namun Anda cepat pula kehilangan energi.

Lakukan yang terbaik untuk menjauh dari makanan tersebut kecuali Anda mendekati akhir perjalanan.

Konsumsi camilan sehat seperti salad dan buah. Pisang juga sangat bagus untuk pelepasan energi secara bertahap.

[br]

6. Cukup istirahat

Beristirahat secara teratur adalah salah satu tips perjalanan jarak jauh yang paling penting. Dari sudut pandang keselamatan, Anda perlu istirahat secara teratur untuk menjaga energi Anda dan membantu Anda tetap waspada saat mengemudi.

Istirahat yang sering juga membuat perjalanan jauh lebih menyenangkan. Jangan terlalu memaksakan diri agar cepat sampai ke tujuan

7. Gunakan navigasi

Menggunakan navigasi jauh lebih baik dari pada Anda menebak-nebak rute yang akan Anda lalui. Hal ini agar Anda tidak tersesat yang justru membuang waktu Anda diperjalanan.

Ada sejumlah aplikasi navigasi di internet yang dapat Anda gunakan. Cek aplikasi navigasi sebelum Anda mengunduhnya dengan melihat rincian fitur, kelebihan, dan kekurangan dari aplikasinavigasi yang akan digunakan.

[br]

8. Buat anggaran perjalanan jarak jauh

Membuat anggaran sebelum Anda berangkat akan memastikan Anda telah menyelesaikan semuanya.

Sebelum berangkat buatlah rincian biaya seperti bensin, akomodasi, makan-minum, kegiatan dan/atau keadaan yang tak terduga sehingga Anda terhindar dari biaya perjalanan yang membengkak.

Saat mengemudi jauh, Anda dapat fokus pada perjalanan ke depan dan tidak khawatir tentang keuangan.

9. Bawa obat-obatan dan peralatan P3K

Kit darurat merupakan salah satu perlengkapan penting yang harus Anda siapkan saat akan berkendara jarak jauh. Kecelakaan pastinya tidak diharapkan, tetapi jika itu terjadi Anda telah punya sarana pertolongan pertama.

Pastikan kotak P3K dan perlengkapan keselamatan lain ada di dalam mobil Anda, termasuk air, selimut, jerigen, dan senter (jika kecelakaan terjadi dalam gelap).

Bagaimanapun Anda lebih baik bersiap-siap daripada jika terjadi sesuatu keadaan yang buruk, Anda tidak punya sarana pertolongan pertama yang akan memperburuk keselamatan Anda dan keselamatan para penumpang di dalamnya. (PNC/Int)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolsek ini Turun Langsung Lakukan Patroli ke Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Kemenhub Urai Kemacetan di Pelabuhan Merak yang Dibanjiri Arus Mudik
Bupati Inhil Ikuti Rakoor Virtual Bersama Gubri Bahas Sinergitas Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran
Presiden Jokowi Juga Akan Mudik dan Pilih Berlebaran di Provinsi Ini
Personil TNI - POLRI Siap Amankan Idul Fitri 1443 H di Rokan Hilir
Tahap I Ludes, Hari Ini Kemenhub Kembali Buka Pendaftaran Mudik Gratis Tahap II
komentar
beritaTerbaru