Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Penemuan Jasad Diduga Tokoh Majapahit dengan Pakaian Kerajaan Masih Utuh saat Ditemukan

- Rabu, 21 Desember 2022 10:32 WIB
1.476 view
Penemuan Jasad Diduga Tokoh Majapahit dengan Pakaian Kerajaan Masih Utuh saat Ditemukan
Ilustrasi: Wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit. (Kredit via World History and Culture)

(Pesisirnews.com) - Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar di nusantara yang keberadaannya juga dikenal di mancanegara. Banyak kisah yang fenomenal di masa lalu dan terwariskan hingga saat ini. Jejaknya pun masih dapat dilihat dan dapat menjadi pengetahuan bagi masyarakat di era sekarang.

Salah satunya adalah kisah ditemukannya jasad seorang tokoh di Kerajaan Majapahit. Jasad tersebut diketahui masih dalam kondisi lengkap dengan pakaian ala kerajaan zaman dahulu.

Dilansir Merdeka dari kanal Youtube Megaluh TV, Senin, masyarakat setempat yang menemukan jasad itu akhirnya mengubur jasad tersebut di dekat lokasi penemuannya.

Baca Juga:

Sebuah bangunan makam di Dusun Palombo, Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Jombang menjadi saksi bisu penemuan jejak Kerajaan Majapahit.

Bangunan tersebut konon disemayamkannya tokoh dari Kerajaan Majapahit Ki Ageng Tunggul Manik. Kai Ageng Tunggul Manik diduga hidup di era Kerajaan Majapahit mengacu pada pakaian yang ia pakai saat pertama ditemukan.

Baca Juga:

Menurut penuturan Sutaji, salah seorang warga dalam video yang diunggah bahwa saat ditemukan Ki Ageng Tunggul dalam kondisi lengkap dengan pakaian khas kerajaan.

Sutaji menambahkan kalau jasad tersebut ditemukan masih memakai seragam pakaian srempang (ala kerajaan). "Pada waktu ditemukan itu pakaiannya seperti apa?" Tanya Host video.

"Ya masih memakai seragam pakaian srempang (ala kerajaan) gitu." Tutur Sutaji.

Melanjutkan, Sutaji mengatakan bahwa jasad tersebut ditemukan sudah lama bahkan sebelum dia lahir.Kala itu warga sedang membangun saluran air dan tanpa sengaja menemukan jasad Ki Ageng Tunggul dalam keadaan utuh.

Warga sepakat untuk memakamkan jasad tersebut di dekat tempat pertama ia ditemukan. Meski Bupati setempat sempat ingin memindahkannya, warga menolak dan menginginkan jasad tersebut ada di makam yang tak jauh dari lokasi ditemukannya.

"Asalnya dulu di situ terus dipindah ke sini. Di situ dulu mau dibuat saluran air,” ujar Sutaji.

Posisi penemuan jasad tersebut bukan karena adanya makam terpendam melainkan tak sengaja menggali tanah gundukan di lokasi tersebut.

[br]

Dugaan Ayahanda Damarwulan

Sosok Ki Ageng Tunggul Manik belum dapat dipastikan statusnya di Kerajaan Majapahit. Menurut informasi warga bahwa Ki Ageng Tunggul Manik bisa jadi adalah ayah dari Raja Majapahit yaitu Damarwulan.

Menurut informasi dari literatur sejarah, tokoh Damarwulan menjadi salah satu yang paling populer bagi masyarakat Jawa. Damarwulan merupakan Raja Majapahit pasca kemenangan di Perang Paregrek.

Damarwulan berhasil mengalahkan Adipati Minak Jinggo dari Kerajaan Blambangan yang ingin memperluas kekuasaannya dengan menyerang Majapahit.

Melalui bantuan selir Minak Jinggo yang berkhianat (Wahita & Puyengan), Damarwulan akhirnya mampu membunuh Minak Jinggo dan berhasil memperistri kedua selir Minak Jinggo dan Ratu Kencana Wungu. (PNC)

Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pihak Management Suzuya Bagan Batu Dipanggil Polisi, Diduga Terkait Laporan Tokoh Agama
Kardinal Vatikan dan 2 Orang Tokoh Lainnya Diberi Gelar Doktor HC oleh UIN Yogya
Istri Perlu Tahu Pengaruh Pakaian Dalam pada Hubungan Intim dan Keharmonisan Rumah Tangga
Wapres Berharap Perdebatan pada Pemilu 2024 Tak Merusak Keutuhan Bangsa
Survei Terbaru: Ini Tokoh yang Elektabilitasnya Makin Menguat untuk Kandidat Capres 2024
Survei Terbaru: Tiga Tokoh Politik Ini Konsisten di Tiga Besar sebagai Kandidat Capres 2024
komentar
beritaTerbaru